Merangsang Kecerdasan Anak dengan Musik Klasik (Foto dari Pexels)

Setiap orangtua tentu ingin mendapatkan anak yang cerdas. Saat hamil, ada anjuran untuk memperdengarkan suara muslik klasik dengan headset ke perut agar didengar janin, supaya merangsang kecerdasan anak. Bagaimana prosedurnya?

Menurut dr Fedrico Patria SpOG dari POGI, Tim Ahli Siapnikah, organ pendengaran janin mulai berfungsi saat kehamilan masuk usia 20 minggu. Suara ini menjadi salah satu stimulasi pertama pada kehamilan.

“Penelitian dr Hermanto, dkk menunjukkan dengan memberikan stimulasi musik klasik, yaitu musik mozart terpilih pada usia kehamilan 20-masa kelahiran dapat meningkatkan jumlah sel otak janin, yang menjadi modal yang baik dalam mempersiapkan bayi siap cerdas,” jata dr Fedrico beberapa waktu lalu.

Musik klasik akan menambah jumlah sel otak janin, menambah jumlah sinaps atau hubungan antar sel otak dan mengurangi apoptosis (kematian sel terprogram) dari sel otak janin. Musik mozart ini dapat diberikan setiap malam pada jam 20-23, selama 1 jam, dan menempel pada pada perut ibu.

“Pemberian musik mozart dapat dikombinasi juga dengan memperdengarkan bacaan Al Quran, untuk memperkaya lingkungan rohani janin dan membiasakan janin mendengarkan Al quran bagi yang beragama Islam,” jelasnya.

BACA JUGA:

Hamil di Masa Pandemi Corona

Menjalani kehamilan di masa pandemic corona memiliki tantangan yang lebih berat. Beberapa pusat pelayanan kesehatan menerapkan protokol dan pembatasan layanan untuk ibu hamil. Karena itu, ibu hamil harus mampu menjaga kesehatan diri dan janin yang di kandungan.

Untuk menjaga kehamilan agar tetap sehat, pastikan ibu makan makanan yang cukup dan bergizi seimbang, tidak lupa minum cukup air putih. Bila tidak ada keluhan seperti perdarahan, nyeri perut hebat dan mual muntah yang berlebihan, ibu bisa melakukan kontrol kehamilan pertama dan usg di trimester pertama, selanjutnya dua bulan kemudian baru kontrol.

“Jangan lupa melakukan kegiatan olahraga ringan untuk menjaga kebugaran, cukup istirahat, hindari stress, rokok dan alkohol yang dapat mengganggu perkembangan janin dan menurunkan daya tahan tubuh ibu. Konsumsi vitamin yang dapat meningkatkan daya tahan tubuh juga diperbolehkan,” ujarnya.

Tentunya bila ada keluhan yang mengganggu ibu dapat memeriksakan kehamilan ke RS dengan menuruti protokol kesehatan yang berlaku, menggunakan masker, menjaga jarak dengan orang lain, selalu membersihkan tangan dengan mencuci tangan dengan sabun atau handsanitizer terutama sebelum menyentuh muka dan segera mandi dan berganti pakaian setelah sampai di rumah.

Leave a comment