Menentukan Konsep Pernikahan (Foto: Pixabay)

Ketika akan menikah, kamu dan pasangan mungkin ingin mengusung konsep tertentu agar pernikahanmu semakin berkesan. Namun, menentukan konsep bukan hal yang mudah. Kadang pasangan pengantin bingung akan menggunakan konsep seperti apa.

Untuk memutuskan konsep pernikahan yang ingin kamu pilih, kamu tidak bisa memutuskan ini sendiri. Terkadang kamu perlu berdiskusi dengan keluarga dan sahabat dekat yang sudah lebih dulu menikah.

Berikut beberapa tips agar kamu bisa menentukan tema pernikahan dengan lebih mudah.

1. Tentukan ada tidaknya unsur budaya
Upacara pernikahan di Indonesia cenderung kental dengan unsur budaya sesuai asal etnis sang pengantin. Pernikahan tradisional punya banyak susunan acara dan biaya yang dibutuhkan jelas tidak sedikit. Para pengantin yang menikah kini lebih suka menggunakan konsep modern karena lebih praktis dan hemat dari segi biaya. Namun tidak sedikit yang masih memegang teguh kebudayaan masing-masing.

Untuk itu, kamu juga harus memutuskan apakah akan memasukkan unsur budaya ke dalam acara pernikahanmu atau tidak. Jika iya, tentukan sejauh mana unsur budaya tersebut hadir. Apakah keseluruhan atau kamu menggabungkannya dengan unsur modern.

2. Cari inspirasi di media sosial
Jika kamu ingin mencari inspirasi tentang acara pernikahan, buka saja media sosial dan cari tagar yang berkaitan. Kamu akan menemukan banyak referensi di Instagram dan Pinterest tentang tren acara pernikahan yang sedang berlangsung.

3. Pilih outdoor atau indoor
Sebelum kamu menentukan tema pernikahan, kamu harus lebih dulu memilih ingin menggelar pernikahan secara indoor atau outdoor. Konsep pernikahan outdoor sedang digandrungi pasangan yang menikah karena lebih santai namun tidak mengurangi kesakralan acara.

Jika acara diadakan di dalam ruangan, pastikan gedung yang kamu sewa cukup untuk menampung tamu undangan serta dilengkapi dengan sirkulasi udara yang baik agar mereka tidak gerah dan tetap nyaman selama acara berlangsung.

Berbeda lagi dengan acara di luar ruangan. Faktor cuaca menjadi pertimbangan yang paling penting. Untuk acara di siang hari, pastikan cuaca tidak terlalu panas, sedangkan untuk acara sore dan malam hari pastikan tidak turun hujan.

BACA JUGA: Cara Memilih MUA yang Tepat Agar Penampilanmu Memukau di Hari Pernikahan

4. Mintalah bantuan dekorator profesional
Boleh saja kamu ingin menentukan setiap detail dekorasi yang digunakan dalam acara pernikahan. Namun jangan segan untuk meminta bantuan dekorator profesional. Mereka dengan segudang pengalaman yang dimiliki dapat memberikan saran-saran yang bermanfaat untuk memeriahkan acara pernikahanmu. Bukan hanya itu, dekorator akan berusaha mewujudkan keinginanmu dengan biaya yang kamu miliki.

5. Pilihlah warna yang kamu sukai
Pilihalah warna kesukaanmu. Hal ini sah-sah saja bagi kamu untuk memilih warna kesukaan sebagai temanya karena ini adalah acara pernikahanmu. Misalnya kamu lebih suka gaya minimalis dengan warna putih, kamu bisa menciptakan konsep pernikahan simpel elegan dengan perpaduan warna yang tepat.

Atau kamu bisa menggunakan tema monokrom, yaitu hanya memilih satu warna saja untuk dekorasi pernikahan. Konsep acara seperti ini sedang tren di luar negeri dan pastinya akan membuat acaramu lebih unik dan menarik.

Itu dia beberapa tips untuk kamu yang sedang bingung menentukan konsep pernikahan. Apapun yang kamu inginkan, yang tidak kalah penting adalah memastikan bahwa budget yang kamu siapkan cukup untuk membiayai tema dan konsep yang menjadi pilihanmu.

Bagaimana Tanggapan Anda Tentang Artikel Ini?
+1
2
+1
0
+1
0
+1
0

Tinggalkan Komentar