Tips menjaga hubungan LDR

Imbas Covid-19 begitu dahsyat. Tak hanya berdampak ke kesehatan dan ekonomi, namun juga hubungan antar-personal. Sebagaimana diketahui, untuk mencegah penyebaran wabah tersebut,pemerintah membatasi mobilitas masyarakat dari satu daerah ke daerah lain. Bagi pasangan muda yang harus berhubungan jarak jauh (long distance relationship/LDR), hal ini pasti memberikan dampak.

Lama tak berjumpa dengan pasangan, bisa saja membuat hubungan menjadi kurang harmonis. Bahkan mungkin muncul kecurigaan-kecurigaan. Jangan sampai hal itu terjadi. Kamu harus pandai mensiasati komunikasi untuk menjaga hubungan cintamu.

Karena itu, perlu trik agar LDR dengan pasangan tetap terjalin dan tak mengurangi harmoni hubungan sesama pasangan. Apa saja triknya?

  1. Selalu Jaga Komunikasi

Sudah ada banyak platform yang memungkinkan kamu dengan pasangan bisa berkomunikasi. Mulai dari platform komunikasi seperti WhatsApp, Zoom, hingga medsos.

Komunikasi yang lancar akan bisa menjaga keharmonisan hubungan. Kepercayaan dengan pasangan tetap kuat, sehingga hal itu bisa menguatkan hubungan. Sebaliknya, jika komunikasi tak lancar akan memunculkan benih-benih masalah. Mulai kecurigaan, bahkan bisa berdampak ke masalah yang jauh lebih serius.

Bagaimanapun, komunikasi selalu dibutuhkan untuk menjaga api cinta tidak meredup. Usahakan untuk selalu memberikan kabar kepada pasangan secara rutin untuk menghindari kesalahpahaman.

Jangan menganggap hal ini sebagai beban. Justru, harus menjadi motivasi agar hubungan tetap langgeng.

  1. Beraktivitas untuk Menghadapi Kesepian

Buat kamu yang jauh dari pasangan, ada baiknya mencari kesibukan lain di luar pekerjaan. Bisa baca buku, maupun aktivitas lain seperti menjalankan hobi dan berkumpul dengan teman-teman. Tapi tetap ingat untuk menjalankan protokol kesehatan.

Ini penting agar kamu tidak terlalu menghabiskan waktu di depan ponsel setelah pekerjaan selesai.

Aktivitas ini penting dilakukan agar badan dan pikiran bisa selalu sehat meski menghadapi kondisi yang sebenarnya tak diinginkan: jauh dari orang yang dicintai.

BACA JUGA: 

  1. Tetap Setia dan Tidak Mudah Dirayu

Salah satu ujian terbesar bagi pasangan adalah ketika mereka tidak di satu tempat di waktu yang sama, alias LDR. Jauh dari orang yang dicintai, terkadang membuat seseorang memiliki keinginan untuk berhubungan dengan orang lain. Ya, tujuannya bisa mendapatkan perhatian yang spesial.

Kenalan yang baru bisa saja membuatmu nyaman sesaat. Ada yang selalu mendengarkan kamu saat curhat.

Namun ketika kamu mengalami kondisi ini, kamu harus segera ingat bahwa kamu masih punya seseorang yang spesial dan selalu menunggu di tempat lain. Mohon bersabar, ini ujian…

  1. Perbaiki Hubungan

Selama LDR, tak jarang kamu dan pasangan menghadapi “turbulensi”. Jika kamu mengalami hal yang demikian, ada baiknya kamu segera mmelakukan recovery, agar hubunganmu dengan pasangan kembali harmonis.

Kamu bisa lebih dulu menanyakan kabarnya. Saat merasa sudah berada dalam frekuensi yang sama, barulah ajak ia berbicara lebih serius.

Setelah berbicara lebih serius dan menemukan solusi bersama, pastikan untuk kembali membangun hubungan yang sempat terputus maupun yang terasa sangat hambar. Caranya, dengan menjadwalkan kontak sesuai waktu yang disepakati. Jadi meskipun terpisah jarak, LDR bisa tetap terjaga komunikasinya.

Leave a comment