Perawatan Menjelang Pernikahan (Foto: Pixabay)

Mempersiapkan hari pernikahan itu pasti melelahkan, tetapi jangan sampai lupa mempersiapkan diri sendiri. Perawatan pengantin tidak cukup sehari-dua hari. Oleh karena itu, ada baiknya mulai melakukan perawatan minimal sebulan sebelum hari pernikahan agar kulit, rambut, wajah, dan tubuh terlihat sehat dan cantik secara alami. Jadi, makeup dan hiasan pengantin dapat dikenakan secara sempurna.

Berikut ini beberapa perawatan khususnya untuk para wanita sebelum menikah.

1. Perawatan Rambut
Perawatan rambut tidak hanya dengan shampo dan kondisioner saat mandi. Tetapi beberapa bulan menjelang hari pernikahan kamu disarankan rutin melakukan treatment misalnya melakukan hair mask sendiri dengan produk yang sesuai dengan tipe rambutmu. Sesekali sempatkan pergi ke salon kecantikan untuk hair spa supaya rambut tetap sehat dan indah di hari H. Sebab, pada momen pernikahan nanti pasti ada banyak hal yang akan dilakukan ke rambut kamu yang berpotensi membuat rambut rusak. Selain perawatan dari luar, kamu juga perlu menjaga kesehatan rambut dari dalam misalnya dengan mengonsumsi makanan kaya vitamin B, seperti ikan, kacang, dan telur.

2. Perawatan Wajah
Kamu juga perlu melakukan perawatan wajah sejak jauh-jauh hari. Kelelahan karena mempersiapkan pernikahan bisa memengaruhi raut wajah. Jadi, pastikan kamu tetap rutin menggunakan masker dua hingga tiga kali seminggu.

Pilihlah masker wajah yang biasa kamu pakai sehari-hari. Namun tetap berhati-hati dalam memilih, agar tidak terjadi alergi. Perawatan yang tepat berguna untuk menjaga kondisi wajah yang akan tertutup make up selama seharian di hari pernikahan nanti.

Selain itu, untuk perawatan wajah kamu juga dapat berkonsultasi dengan dermatologis dan menjalani rangkaian facial spa, sehingga kulit terbebas dari masalah dan makeup pernikahan nampak sempurna. Kamu juga bisa mengonsumsi air mineral secara rutin agar kulit berkilau alami dari dalam.

BACA JUGA: 12 Langkah Penuh Makna dalam Prosesi Pernikahan Adat Bugis

3. Perawatan Mata
Banyak wanita yang harus menutupi mata pandanya dengan make up di hari pernikahan. Hal ini bisa terjadi apabila kamu kurang istirahat karena terlalu lelah mempersiapkan pernikahan. Untuk menyamarkan lingkaran hitam dan kantung mata, kamu dapat mengaplikasikan krim mata setiap malam dan kompres dingin 1-2 kali setiap minggu.

Jangan lupa untuk istirahat cukup dan menghindari makanan asin karena dapat menyebabkan mata terlihat membengkak. Kalau mau membersihkan riasan mata, gunakan pembersih berbahan dasar air dan gosok secara perlahan.

4. Perawatan Gigi
Untuk menjaga kesehatan gigi kamu perlu datang ke dokter gigi setidaknya setiap enam bulan sekali untuk melakukan pemeriksaan rutin. Ini berguna untuk membersihkan karang gigi atau mungkin kamu ingin menambahkan veneer.

Dengan begitu, kamu akan lebih percaya diri saat tersenyum di depan kamera dan para tamu yang datang ke acaramu. Jangan lupa rajin menggosok gigi untuk membersihkan plak dan menjaga agar nafas tetap segar. Jika sudah melakukan ini, sebenarnya kamu tidak perlu menambahkan veneer.

5. Perawatan Bibir
Kekurangan vitamin E bisa membuat bibir pecah-pecah. Itu dapat membuat tampilan wajahmu jadi kurang maksimal. Nah, untuk merawat bibir, kamu hanya perlu menggunakan stik vitamin E atau lip scrub setiap satu minggu, dan mengoleskan sunscreen.

6. Perawatan Kulit
Wanita harus memelihara kesehatan kulit, terutama saat mandi, dengan menggunakan scrub, lulur atau sabun. Dianjurkan untuk memilih bahan perawatan yang bebas sulfat supaya memberikan efek lebih maksimal. Sehabis mandi, kamu juga bisa menggunakan lotion untuk melembabkan kulit dan mencegah iritasi akibat gesekan.

Bagaimana dengan waxing? Bila kamu berencana mengenakan gaun yang agak terbuka, tampaknya waxing atau mencukur bulu perlu dilakukan. Sebaiknya pergi ke klinik kecantikan untuk mendapatkan penanganan profesional, baik dengan laser maupun elektrolisis.

7. Leher dan Tulang Selangka
Kalau kamu akan mengenakan gaun pernikahan yang memiliki potongan dada rendah, kamu perlu merawat kecantikan leher dan tulang selangka. Kulit pada bagian ini membutuhkan perhatian khusus karena memiliki kandungan minyak yang sedikit. Kamu bisa melakuka eksfoliasi lembut dengan face scrub setiap hari, aplikasikan pelembap ringan, dan lindungi dengan sunscreen sebelum terpapar sinar matahari.

8. Perawatan Organ Intim
Perawatan organ intim sebelum menikah juga sangat penting. Bagian sensitif ini perlu perawatan istimewa dan dengan cara yang tepat. Waxing juga bisa kamu lakukan untuk menghilangkan bulu di area organ intim.

Kemudian, selalu jaga kebersihan bagian tersebut, terutama ketika kamu sedang haid. Salah satu jenis perawatan yang bisa kamu coba adalah ratus, yaitu sebuah teknik perawatan dengan penguapan dan bahan-bahan alami. Perawatan ratus bisa ditemukan di berbagai tempat spa.

Fungsinya adalah menjaga kelembaban organ intim dan meniadakan aroma tidak sedap. Biasanya, bahan-bahan yang digunakan seperti sirih, kunyit, jahe, daun pandan, dan lain sebagainya. Kegiatan ini juga masih perlu dilakukan sebagai perawatan wanita setelah menikah.9. Perawatan Kaki
Gunakan dengan air hangat dan shave cream untuk menghilangkan bulu kaki, lalu jaga kelembapannya dengan mengaplikasikan moisturizer. Pada telapak dan jari kaki, berikan pedicure yang nyaman serta scrub di bagian kulit kering. Oleskan moisturizer pada telapak kaki saat tidur dan tutupi dengan kaus kaki. Di pagi hari, kamu akan terbangun dengan kaki yang sehat.

10. Jaga Kebugaran Tubuh
Olahraga adalah cara perawatan sebelum menikah untuk pria maupun wanita yang paling ampuh. Dengan berolahraga kebugaran tetap terjaga dan bisa menjadi kegiatan pelepas stres. Untuk wanita, olahraga yang cocok sebelum menikah misalnya seperti yoga, aerobik atau zumba.

Jika kamu terbiasa mengonsumsi alkohol, sebaiknya mulai sekarang hentikan kebiasaan itu. Ini dapat berdampak buruk pada kulit dan kerusakan lainnya di dalam tubuh. Konsumsi makanan dan minuman sehat dengan banyak makan sayur dan buah.

Persiapan pernikahan memang penting, tetapi yang tak kalah penting adalah mempersiapkan diri sendiri. Khususnya wanita, perawatan tubuh tentu menjadi hal krusial untuk mendukung penampilan.

Bagaimana Tanggapan Anda Tentang Artikel Ini?
+1
4
+1
6
+1
0
+1
0

Tinggalkan Komentar