Pengantin (Foto: Pexels)

Menikah dan memiliki buah hati tentu menjadi impian setiap pasangan kekasih. Banyak hal yang harus dipersiapkan dengan baik oleh calon pengantin. Tak hanya persiapan pernikahan itu sendiri, kamu dan pasangan juga harus membekali diri dengan ilmu parenting agar nantinya siap untuk menyambut dan membesarkan buah hati.

Ilmu parenting sebaiknya didalami jauh-jauh hari bahkan sebelum menikah. Hal ini bukan tanpa alasan. Mempelajari ilmu parenting memiliki banyak manfaat.

1. Keterbatasan waktu setelah menikah
Setelah menikah dengan pasangan impian, kamu mungkin sudah memiliki daftar kegiatan bersama pasangan untuk beberapa bulan ke depan. Misalnya saja untuk menikmati masa-masa bulan madu, bekerja memenuhi kebutuhan keluarga baru, atau mengunjungi ke rumah sanak keluarga.

Dari sekian waktu yang kamu miliki, mungkin ada terselip keinginan untuk belajar ilmu parenting. Tetapi seringkali tertunda dengan berbagai alasan. Maka tidak salahnya jika kamu menabung pengetahuan parenting jauh sebelum memasuki pernikahan.

Kamu bisa belajar dengan mengambil hikmah dari pengalaman orang lain. Kamu juga bisa belajar lewat buku-buku dan media sosial. Sisihkan sedikit waktu untuk belajar sebelum kewalahan sendiri setelah menikah.

2. Persiapan mental
Menjadi orang tua bukah perkara mudah. Membutuhkan banyak kesabaran untuk menghadapi segala kemungkinan buruk yang bisa terjadi. Persiapan mental dengan pikiran yang sehat akan membuatmu siap menjadi orang tua yang baik.

3. Kamu tak pernah tahu kapan anugerah anak akan diberikan
Kehamilan merupakan sesuatu yang tidak dapat diprediksi. Jika kamu diberikan kehamilan yang cepat, mau tidak mau kamu harus siap menjadi orang tua. Kehamilan yang cepat dengan persiapan yang singkat bisa saja membuatmu kewalahan. Oleh karen itu, penting bagimu untuk mempersiapkan diri sebagai orang tua dengan belajar ilmu parenting lebih awal.

BACA JUGA: Catin, Yuk Kenali dan Pahami Imunisasi Dasar untuk Bayi Sebelum Menikah dan Hamil

4. Menjadi pendidik pertama butuh ilmu dan kerja keras dari awal
Anak yang cerdas lahir dari rahim ibu yang cerdas. Memberikan pendidikan untuk anak harus diawali oleh pasangan yang baik. Sebelum menikah penting untuk membuat kesepakatan bersama pasangan tentang pola asuh anak-anak nanti. Setidaknya kalian sudah memiliki gambaran tentang masa depan rumah tangga yang kalian impikan.

5. Mempersiapkan diri sejak dini
Orang tua yang baik akan mempersembahkan yang terbaik untuk anak-anaknya. Ketimbang asal-asalan dalam mengasuh buah hati sendiri, lebih baik kamu menyiapkan baik-baik mental untuk menghadapinya. Ilmu parenting dapat menjadi bekal awal untuk menciptakan keluarga yang bahagia dengan anak-anak yang tumbuh cerdas dan sehat.

Anak merupakan anugerah yang dinantikan. Sudah sewajarnya calon orang tua mempersiapkan diri dan membekali diri dengan banyak ilmu pengetahuan dalam menyambut buah hati. Itulah beberapa manfaat belajar ilmu parenting sebelum menikah. Agar kamu dan pasangan menjadi pasangan suami istri yang bijaksana dan siap memiliki momongan.

Bagaimana Tanggapan Anda Tentang Artikel Ini?
+1
3
+1
2
+1
1
+1
0

Tinggalkan Komentar