Ilustrasi Perencanaan Keuangan (Foto: Pixabay)

Memiliki rumah tentu impian setiap pasangan yang akan menikah. Diharapkan setelah menikah, pasangan suami istri bisa tinggal bersama di dalam rumah tersebut. Namun, membeli rumah bukan perkara mudah karena membutuhkan dana yang besar.

Ada pasangan yang ingin membeli secara tunai, ada juga yang memilih memanfaatkan KPR. Keduanya sama-sama membutuhkan kesiapan finansial yang matang. Untung mengumpulkan uang dalam jumlah yang cukup, salah satu caranya dengan menabung.

Menabung menjadi salah satu persiapan penting dalam menyongsong masa depan. Akan tetapi, sebagian orang beranggapan kalau menabung merupakan hal yang sulit sehingga banyak orang menggagas berbagai cara menabung yang unik dan bikin semangat. Dengan menerapkan salah satu cara unik tersebut, banyak orang terbantu karena kegiatan menabungnya jadi lebih menyenangkan.

Berikut beberapa cara menabung yang unik dan bikin semangat mencapai tujuan finansialmu.

1. Menabung di wadah transparan
Kamu bisa menabung dengan menaruh uang tabungan kamu di tempat transparan seperti celengan bening, toples bening, dan sejenisnya. Metode klasik dan sederhana ini terbilang efektif karena bisa memberikan sugesti lebih untuk menyisihkan uang. Secara psikologis, tentu jadi suatu hal yang menyenangkan melihat uang terus bertambah dari hari ke hari.

Meskipun begitu, kamu harus pintar-pintar menahan diri untuk tidak mengambil uang tabunganmu. Jangan sampai saat melihat uangmu bertambah banyak, jadi muncul keinginan untuk mengambilnya sedikit demi sedikit. Bisa jadi gagal total.

2. Menabung dengan nominal uang terkecil di dompet
Mata uang rupiah punya beberapa pecahan uang kertas, mulai dari Rp1.000 hingga yang terbesar Rp100.000. Kamu bisa menerapkan cara menabung unik dengan rutin mengecek dompet dan memasukkan nominal terkecil uang di dompet ke dalam tabungan.

3. Ubah uang receh jadi tabungan
Banyak orang yang sering mengabaikan uang receh, terutama uang logam, karena cukup repot untuk membawanya. Untuk mengatasi hal tersebut, kamu bisa mengubah kembalian receh menjadi tabungan. Kumpulkan uang recehanmu di celengan. Saat celenganmu penuh dengan uang recehan kamu bisa menyetorkannya ke tabunganmu di bank atau menginvestasikannya.

4. Jadikan angka favoritmu jadi tanggal menabungmu
Ada sebagian orang yang memiliki angka favorit bahkan angka keberuntungan. Buat kamu yang mempercayai hal tersebut, kamu bisa mewujudkan rencana menabungmu jadi kenyataan dengan menabung di tanggal favorit setiap bulannya. Kamu bisa mulai dengan nominal kecil. Setelah terbiasa kamu bisa menambah nominal tabunganmu.

BACA JUGA: 11 Langkah Menabung yang Tepat untuk Pengantin Baru Agar Rencana Membeli Rumah Berjalan Mulus

5. Menabung sesuai tanggal
Siapa sangka penanggalan bulanan ternyata bisa kamu jadikan patokan untuk menabung. Mulai dengan nominal kecil di awal bulan, yaitu Rp1.000 dan ditutup dengan nominal Rp30.000 atau Rp31.000 setiap bulannya. Kalau ditotal, hasilnya lumayan banyak. Ini bisa jadi metode menabung yang bisa kamu coba.

6. Jadikan tabungan sebagai hukuman
Kamu bisa membuat kesepakatan dengan pasangan ataupun dengan dirimu sendiri atas perbuatan tertentu. Sebagai contoh setiap lupa menaruh piring kotor atau pakaian kotor di tempatnya, kamu wajib membayar Rp5.000. Uang tersebut kemudian bisa kamu tabung untuk tujuan bersama misalnya uang muka membeli rumah.

7. Arisan
Arisan adalah kegiatan yang dilakukan oleh sebuah komunitas yang penerapannya berbentuk pengumpulan dana pada periode tertentu. Arisan bisa jadi salah satu cara menabung yang unik dan bikin semangat yang bisa kamu ikuti. Meskipun begitu, tujuan utama dari arisan umumnya adalah untuk menjaga tali silaturahmi, baik dengan keluarga ataupun dengan teman-teman. Jadi, dengan kamu mengikuti arisan, hitung-hitung bisa menabung sekaligus menjaga silaturahmi dengan kerabat terdekat.

8. Menabung acak sesuai tabel
Beberapa waktu lalu, populer cara menabung yang unik dan bikin semangat dengan menggunakan tabel. Misalnya, kamu punya target menabung Rp5 juta dalam 3 bulan. Kamu bisa memecah nominal tabunganmu menjadi 90 kolom (hari) dan menuliskan nominal acak yang kalau ditotal bisa tercapai targetnya.

9. Menabung dengan investasi
Kegiatan menabung dilakukan untuk mencapai tujuan tertentu di masa mendatang, sama halnya seperti investasi. Meskipun begitu, terdapat perbedaan signifikan di antara keduanya, yaitu imbal hasil atau keuntungan. Kalau kamu hanya menabung dengan cara tradisional di celengan, targetmu memang akan tercapai, tetapi kamu tidak akan mendapatkan keuntungan sama sekali. Sama halnya dengan menabung di rekening bank. Kamu memang mendapat bunga, tetapi bunga yang kamu dapat tidak sebanding dengan potongan biaya admin bulanan dari bank tersebut. Alhasil, bukannya bertambah, tabunganmu malah berkurang.

Kalau kamu belum pernah mencoba investasi sebelumnya, kamu bisa memulainya dengan investasi reksadana. Reksadana merupakan sebuah wadah untuk mengumpulkan dana kolektif dari investor untuk berinvestasi bersama pada produk investasi pasar modal seperti surat berharga, obligasi, dan saham dengan cara membeli unit penyertaan reksadana.

Selalu ada banyak cara untuk mencapai keinginanmu di masa mendatang seperti membeli rumah. Misalnya saja dengan menabung dan investasi.

Bagaimana Tanggapan Anda Tentang Artikel Ini?
+1
0
+1
0
+1
0
+1
0

Tinggalkan Komentar