Menabung untuk beli rumah (Foto: Pexels)

Memiliki rumah tentulah impian setiap keluarga. Ada yang bisa membeli secara tunai, ada pula yang memilih jalur KPR. Namun, ada juga yang ingin menabung dulu untuk membeli rumah impian. Ada beberapa tips agar tabungan untuk beli rumah tidak terganggu. Salah satunya adalah dengan berhemat dan merencanakan keuangan dengan sebaik-baiknya.

Tak jarang orang masih melakukan kebiasaan buruk keuangan yang berdampak pada kondisi finansial. Semua kebiasaan keuangan yang kurang baik antara lain menghiraukan pentingnya investasi dan menabung, tidak mengelola keuangan dengan baik, belanja sesuka hati tanpa mempertimbangan fungsi dan kepentingannya. Semua kebiasaan tersebut bila terus dilakukan tentu bisa menjadi kebiasaan buruk keuangan.

Jangan biarkan keuangan menjadi tidak sehat. Sadari mulai sekarang kalau kamu memiliki kendali dalam mengatur keauangan untuk saat ini dan masa depan terlebih jika kamu bercita-cita untuk punya rumah sendiri.

Bisa dibilang sekarang ini, rumah menjadi salah satu bentuk kebutuhan yang sangat penting di dalam kehidupan semua orang. Namun, pada kenyataannya, sebagian besar orang justru lebih memilih untuk selalu menunda dalam memiliki aset yang satu ini.

Rumah adalah salah satu investasi yang secara positif akan mengalami pertambahan nilai. Semakin lama tentu harganya akan semakin tinggi. Membeli rumah tentu bukan sebuah hal yang mudah untuk dilakukan. Mengingat harga rumah terbilang cukup tinggi. Namun, jika kamu memiliki kemauan untuk mengatasi hal tersebut, menabung bisa menjadi solusinya.

Berikut tips mengelola keuangan agar bisa menabung untuk mewujudkan impian memiliki rumah idaman.

1. Tetapkan tujuan yang jelas
Tujual yang jelas akan menjadi poin yang sangat penting bagi yang ingin memulai untuk menabung. Tentukan dan milikilah tujuan yang jelas dalam menabung. Misalnya, menabung dengan tujuan untuk mengumpulkan uang DP rumah, menabung untuk beli tanah, dan lain sebagainya.

Tujuan menabung harus jelas dan jangan asal-asalan. Dengan tujuan yang jelas, maka akan membantu untuk tetap fokus dan selalu berupaya dengan sungguh-sungguh ke arah tersebut. Cara ini juga akan jauh lebih efektif dibandingkan dengan menabung tanpa tujuan ataupun keinginan yang kuat dari diri sendiri.

Tidak ada salahnya untuk menuliskan tujuan menabung, tempelkan tujuan tersebut di tempat-tempat yang mudah terlihat. Supaya kamu termotivasi dan membuat selalu ingat dan fokus pada tujuan tersebut.

2. Target tabungan yang tersistem
Kegiatan menabung yang dilakukan akan menjadi lebih mudah dan menyenangkan jika dilakukan secara tersistem. Terapkan sejumlah aturan dalam pengelolaan keuangan dengan memiliki sejumlah target secara berkala. Misalnya, target mingguan, target harian, dan yang lainnya.

Hal ini akan membuat kamu memiliki kontrol yang baik dalam mengelola keuangan. Terlebih menerapkan sejumlah sanksi bagi diri sendiri jika sewaktu-waktu tidak bisa mencapai target tersebut dengan baik dan tepat. Tidak perlu menetapkan sejumlah target yang terlalu besar, yang justru akan membuat malas untuk menjalankannya.

3. Tentukan jumlah uang yang ditabung
Setelah tujuan, besaran atau jumlah tabungan adalah salah satu hal lainnya yang harus dimiliki dengan jelas sejak awal. Hal ini akan membantu untuk bisa memiliki gambaran yang paling tepat mengenai kapan dan bagaimana tabungan tersebut dapat membantu dalam memiliki rumah impian.

Lakukan perhitungan keuangan dengan baik, termasuk menentukan rasio tabungan yang bisa dilakukan di dalam pendapatan tetap bulanan yang Anda terima. Hindari menentukan nominal yang tidak masuk akal di dalam rencana keuangan yang kamu buat. Sebab hal ini hanya akan membuat kegiatan menabung menjadi sebuah beban.

Bukan hanya itu saja, jumlah tabungan yang terlalu besar dan tidak proporsional ini hanya akan mengganggu berbagai pos-pos lainnya di dalam keuangan.

BACA JUGA: 7 Kesalahan Ini Kerap Terjadi Tanpa Disadari dan Kacaukan Manajemen Finansial Rumah Tanggamu

4. Lunasi semua utang
Jika ternyata memiliki utang, akan sangat baik apabila utang tersebut segera dibayarkan. Ketika tidak lagi memiliki beban utang, proses menabung akan jauh lebih mudah dan menyenangkan.

Kamu bisa fokus pada kegiatan menabung ketika tidak ada beban cicilan/utang. Utang juga akan menjadi beban pikiran yang mungkin saja akan membuat menjadi tertekan.

5. Kelola pengeluaran dengan ketat
Terkadang kamu begitu mudah mengeluarkan sejumlah uang, bahkan tanpa perhitungan yang baik. Hal ini sangat buruk, terutama jika sering melakukannya dan menjadikannya sebagai kebiasaan di dalam kehidupan. Segera hentikan dan mulailah membiasakan diri untuk selalu mempertimbangkan serta memperhitungkan setiap sen yang dikeluarkan dari dompet.

6. Menabung emas
Menabung emas akan sangat tepat kalau memiliki keinginan untuk menabung dalam jangka waktu yang cukup panjang. Emas adalah bentuk investasi/tabungan yang tidak terpengaruh oleh kenaikan inflasi sehingga nilainya akan cenderung stabil.

Menabung dalam bentuk emas dapat dijadikan pertimbangan, terutama jika membutuhkan waktu yang cukup panjang untuk mengumpulkan sejumlah dana untuk membeli rumah. Namun, jangan lupa untuk selalu mempelajari dan mengetahui dengan jelas mengenai seluk-beluk investasi emas itu secara detail terlebih dahulu.

7. Gaya hidup sederhana dan hemat
Menjalani pola hidup hemat adalah hal yang terbilang cukup sulit untuk dilakukan, terutama apabila selama ini terbiasa membelanjakan uang tanpa perhitungan yang jelas.

Jangan menyepelekan hal ini sebab hidup hemat dapat membuat menjadi bebas dari sejumlah masalah keuangan pada masa yang akan datang. Biasakan untuk selalu menjalankan pola hidup hemat agar sejumlah uang yang ada bisa dialokasikan ke dalam tabungan.

8. Kumpulkan nominal tertentu
Kamu juga bisa menabung lebih mudah dengan cara mengumpulkan uang pecahan dalam nominal tertentu, misalnya pecahan Rp10.000, Rp20.000, atau yang lainnya.

Ini akan menjadi kegiatan yang menyenangkan karena setiap kali memiliki uang dalam pecahan tersebut, beberapa akan kamu sisihkan dan kumpulkan dalam wadah tertentu. Pada akhir bulan, kamu bisa menabungkannya ke rekening khusus dan menyimpannya dengan aman di sana.

9. Belanja cerdas
Belanja adalah salah satu pos pengeluaran terbesar di dalam pengelolaan keuangan. Karena itu, sangat penting untuk mengelola dan melakukan ini dengan cara yang cerdas.

Catat dan susun daftar belanja dengan tepat. Selalu patuhi catatan tersebut saat berbelanja, baik saat belanja online maupun belanja offline sehingga pengeluaran tetap terkontrol dengan baik.

10. Menabung dalam bentuk “Rumah”
Menabung dalam bentuk rumah bisa membuat lebih bersemangat dan terpacu untuk menabung. Sebab uang yang kamu terima bisa dijadikan sebagai cicilan untuk membangun rumah. Misalnya, menabung dan membayangkan jika sedang mencicil bagian atapnya hari ini. Besok untuk dindingnya dan bagian yang lainnya.

11. Libatkan anggota keluarga yang lain
Tidak ada salahnya mengutarakan niat untuk membeli rumah kepada anggota keluarga yang lain. Kamu juga bisa mengajak mereka untuk turut serta menabung bersama. Mereka akan senang dan merasa diikutsertakan untuk kegiatan yang penting di dalam keluarga.

Menabung untuk membeli rumah tentu bukan perkara yang mudah untuk dilakukan. Mengingat harga sebuah rumah cukup tinggi di pasaran. Karena itu, bisa dipastikan jika kegiatan ini akan membutuhkan waktu yang panjang. Yuk, semangat menabung mulai dari hari ini juga! Jangan ditunda lagi.

Bagaimana Tanggapan Anda Tentang Artikel Ini?
+1
1
+1
3
+1
0
+1
0

Tinggalkan Komentar