Merencanakan Pernikahan (Foto: Pexels)

Setelah menikah, banyak calon pengantin yang berharap bisa langsung dikaruniai keturunan. Agar bisa melahirkan generasi penerus yang sehat, calon pengantin wanita harus memantau ukuran Lingkar Lengan Atas (LILA) serta indeks masa tubuhnya (IMT).

Pengukuran LILA dilakukan untuk mengetahui risiko Kurang Energi Kronik (KEK) atau kekurangan gizi berkepanjangan pada catin wanita. Kalau kamu kekurangan gizi, maka kamu tidak akan bisa memenuhi kebutuhan gizi janinmu.

Status gizi yang buruk pada catin wanita merupakan salah satu penyebab stunting yang perlu diketahui sejak dini. Status gizi yang buruk, dapat diketahui melalui pengukuran Lingkar Lengan Atas (LILA) dan Indeks Massa Tubuh (IMT).

Catin wanita yang terlalu kurus berisiko tidak mampu mencukupi gizi bagi janin yang dikandungnya kelak. Gemuk atau kurusnya seseorang ditentukan dari Indeks Massa Tubuh (IMT). IMT dapat diukur dengan cara berat badan (kg) dibagi tinggi badan (m2).

Adapun klasifikasi IMT yakni sangat kurus jika angka yang didapat kurang dari 17,0. Dikatakan kurus jika IMT 17- <18,5, normal jika IMT 18,5-25,0. Kemudian jika IMT >25,0-27,0 dikatakan gemuk dan INY >27,0 dikategorikan obesitas.

Selain memperhatikan IMT, catin wajib memperharikan LILA. Untuk patokannya, untuk remaja 10-14 tahun <18,5 cm; sedang: 16,0 cm-<18,5 cm; berat: <16,0 cm. Untuk remaja 15-17 tahun <22,0 cm; sedang: 18,5 cm-<22,0 cm; berat: <18,5 cm. Sementara untuk dewasa <23,5 cm.

Kamu bisa mengukur LILA sendiri. Begini caranya:
1. Tentukan posisi pangkal bahu
2. Tentukan posisi ujung siku dengan cara siku dilipat dengan telapak tangan ke arah perut
3. Tentukan titik tengah antara pangkal bahu dan ujung siku dengan menggunakan pita LILA atau meteran, dan beri tanda dengan alat bolpoin/spidol
4. Lingkarkan pita LILA atau meteran sesuai tanda pulpen di sekeliling lengan pasien sesuai tanda (di pertengahan antara pangkal bahu dan siku)
5. Masukkan ujung pita di lubang yang ada pada pita LILA
6. Pita ditarik dengan perlahan, jangan terlalu ketat atau longgar
7. Baca angka yang ditunjukkan oleh tanda panah pada pita LILA (ke arah angka yang lebih besar)
8. Nah angka itulah LILA catin wanita

Bila LILA dan IMT catin wanita belum memenuhi standar kesehatan, sebaiknya segera konsultasi ke tenaga kesehatan atau fasilitas kesehatan terdekat untuk mengetahui bagaimana cara memperbaiki status LILA dan IMT. Biasanya tenaga kesehatan juga bisa memberikan tips dan info terkait pola makan gizi seimbang dan kebiasaan-kebiasaan yang baiknya dilakukan catin secara rutin.

Bagaimana Tanggapan Anda Tentang Artikel Ini?
+1
2
+1
3
+1
0
+1
1

Tinggalkan Komentar