Bulan Madu (Foto: Pexels)

Tak sedikit pasangan suami istri yang baru saja menikah menginginkan honeymoon alias bulan madu yang romantis dan berkesan. Untuk mendapatkan pengalaman berharga itu, kamu tidak perlu harus menghabiskan dana yang bombastis karena meskipun dilakukan dengan hemat dan sederhana, kamu tetap bisa mendapatkan pengalaman yang romantis.

Kamu tetap bisa mendapatkan bulan madu yang berkesan dengan dana terbatas sesuai dengan bujet yang kamu miliki. Untuk mewujudkannya, kamu bisa mempertimbangkan beberapa tips berikut ini.

1. Rencanakan bulan madu sedari awal
Bulan madu biasanya terpikirkan begitu mendekati hari H pernikahan. Padahal kamu bisa merencanakan bulan madu jauh lebih awal sejak kamu mempersiapkan pernikahan.

Perencanaan ini perlu dilakukan untuk menghemat bujet. Dengan perencanaan lebih awal, persiapan dan perhitunganmu akan lebih matang dan dengan biaya paling hemat. Kamu bisa mendiskusikan rencana bulan madu dengan pasanganmu saat mempersiapkan pernikahan. Namun, jangan lupa untuk menentukan anggaran yang perlu dialokasikan agar lebih hemat.

2. Pilihlah waktu yang tepat
Kamu harus memilih waktu dan tanggal yang tepat agar bisa berhemat. Jangan memilih tanggal saat musim liburan ataupun long weekend. Pada saat itu biasanya harga tiket dan penginapan akan lebih mahal dibandingkan hari biasa.

Kamu bisa memilih bulan madu di hari kerja karena tiket dan penginapan lebih murah. Selain itu, suasana di lokasi tujuan juga tidak terlalu ramai sehingga kamu lebih bisa menikmati bulan madu romantis dan intim.

BACA JUGA: Menikmati Bulan Madu #DiRumahAja? Ini Tipsnya

3. Dekat yang penting berkualitas
Kamu bisa memilih destinasi bulan madu di dalam negeri agar lebih hemat. Banyak tempat-tempat romantis yang bisa kamu kunjungi di Indonesia. Bulan madu tidak sekadar perkara bepergian ke luar negeri tetapi yang terpenting adalah kualitasnya.

Berbulan madu di luar negeri membutuhkan biaya yang besar dan harus meluangkan banyak waktu. Bagi kamu yang punya waktu libur terbatas sangat disarankan untuk berbulan madu di dalam negeri saja.

4. Sebelum memesan, cek harga dahulu
Kamu juga perlu mengecek harga sebelum memesan, apapun itu. Cara ini bisa membuatmu berhemat dan tetap dalam bujet yang ditetapkan.

Kebiasaan buruk asal memesan saja misalnya pada saat di restoran ataupun di kafe harus mulai ditinggalkan. Kamu wajib untuk mengecek harga makanan ataupun minuman yang akan dibeli.

Kamu bisa melakukan riset harga terlebih dahulu sebelum pergi ke restoran untuk makan malam romantis. Riset harga bisa dilakukan melalui internet. Kamu juga bisa bertanya dengan kerabat yang sudah pernah mengunjungi restoran tersebut.

5. Lebih hemat pakai transportasi umum atau Jalan Kaki
Agar bulan madu lebih hemat, kamu bisa memanfaatkan transportasi umum saat bepergian. Biaya yang diperlukan jauh lebih murah dibandingkan kalau menggunakan kendaraan pribadi atau taksi. Selain itu, kamu akan merasakan sensasi yang berbeda dan lebih romantis bersama dengan pasangan.

Kamu juga bisa memilih untuk berjalan kaki pada saat bepergian. Berjalan kaki tidak hanya menyehatkan tetapi kamu juga bisa lebih mendekatkan diri dengan pasangan.

6. Kamu bisa memakai jasa agen perjalanan
Agar bulan madu kamu lebih hemat adalah menggunakan agen perjalanan. Bayak agen perjalanan yang menawarkan paket bulan madu murah yang romantis.

Dengan menggunakan agen perjalanan kamu tidak perlu repot untuk memesan tiket dan penginapan. Bahkan kamu bisa mendapatkan harga lebih murah dibandingkan jika merencanakannya sendiri. Hal ini dikarenakan agen perjalanan sudah lebih berpengalaman dan mempunyai jaringan untuk mendapatkan harga lebih murah.

7. Jangan lupa bawa buku nikah
Selama berbulan madu, jangan lupa membawa buku nikah. Buku nikah sangat penting karena tidak semua hotel atau penginapan mengizinkan pasangan menginap jika tidak ada buku nikah. Selain itu, ada beberapa hotel yang akan memberikan potongan harga bagi pasangan yang sedang berbulan madu.

Itulah beberapa tips agar bulan madumu tetap romantis dan berkesan meskipun dengan bujet terbatas. Dalam berbulan madu, hal yang terpenting bukanlah biayanya, tetapi quality time bersama dengan pasangan.

Leave a comment