Mengatur Gaji Kecil (Foto: Pexels)
Besar kecilnya gaji seringkali berpengaruh pada cara mengelolanya sehingga kamu bisa terhindar dari kondisi defisit keuangan keluarga. Apalagi jika gaji kamu termasuk gaji bulanan tetap dengan kebutuhan hidup yang seringkali naik turun. Oleh karena itu, kamu perlu cara yang jitu untuk mengatur keuangan keluargamu.
Bagi yang bergaji kecil, tentu akan kesulitan menyimpan uang untuk beberapa hal seperti dana darurat, biaya kuliah, dana pensiun, membeli mobil, dan sebagainya. Bahkan tidak jarang ada yang kehabisan uang pada pertengahan bulan. Hal itu terjadi mungkin saja terjadi karena tidak bisa mengelola gaji bulanan dengan baik dalam memenuhi kebutuhan keuangan rumah tangga.
Terlebih, setiap keluarga pasti memiliki rencana untuk masa depannya seperti liburan, memiliki rumah dan mobil sendiri, biaya kuliah anak, dan dana pensiun. Rencana tersebut memerlukan uang yang banyak, sedangkan mencari tambahan penghasilan bukan sesuatu yang mudah.
Kamu pun membutuhkan beberapa cara untuk mengatur keuangan rumah tangga dengan gaji kecil agar rencana yang telah disusun tersebut dapat tercapai. Beberapa cara yang bisa kamu lakukan misalnya:
Tak perlu galau atau bersedih dengan gaji kecil, utamakan untuk bersyukur dan mengelola gaji Anda dengan baik. Simak uraian 9 cara mengatur keuangan rumah tangga dengan gaji kecil dari Cermati.com.
1. Evaluasi cicilan dan biaya rumah
Banyak orang yang kesulitan untuk mengatur keuangan keluarganya karena cicilan rumah (KPR) sudah memotong sebagian besar dari gaji bulanan. Sebaiknya cicilan rumah tidak lebih dari 25% dari total gaji yang diperoleh setiap bulannya. Carilah KPR yang menawarkan cicilan paling kecil, atau jika belum mampu mengambil cicilan rumah, sebaiknya carilah sebuah kontrakan yang murah.
2. Rencanakan belanja bulanan dengan baik
Kamu perlu membuat rencana belanja bulanan yang matang. Ini cara terbaik untuk menggunakan pendapat yang kecil. Belanjakan uang sesuai dengan rencana yang telah disusun tersebut. Karena pemborosan keuangan cenderung terjadi ketika menggunakan uang untuk mengikuti keinginan, padahal keinginan belum tentu menjadi kebutuhan.
3. Belilah barang yang masih layak
Membeli barang yang masih layak digunakan dapat menghemat anggaran belanja. Misalnya saja membeli mobil bekas, barang elektronik bekas, furniture bekas, dan sebagainya. Banyak orang yang memberikan penawaran murah untuk barang bekas yang jarang digunakan, bahkan ada yang tidak pernah digunakan.
4. Berhematlah untuk beberapa aktivitas
Kamu dapat melakukan beberapa aktivitas sekaligus untuk menghemat pengeluaran seperti membeli makan siang sambil melakukan tugas di luar kantor. Hal ini akan lebih menghemat pengeluaran BBM daripada melakukan beberapa perjalanan sepele yang tidak efisien.
5. Kurangi naik kendaraan bermotor
Cara berhemat lainnya, kamu bisa  berjalan kaki, naik sepeda, atau naik kendaraan umum dibandingkan dengan menggunakan mobil untuk pergi ke toko atau bekerja. Kamu bisa menghemat uang BBM dan juga akan mendapatkan manfaat tambahan, yaitu badan yang semakin sehat dengan banyak berolahraga.
6. Kamu bisa cari penghasilan tambahan
Manfaatkan waktu yang kamu miliki untuk mencari penghasilan tambahan. Ada banyak cara untuk memperoleh tambahan penghasilan seperti menjual pulsa, menjadi penulis lepas, jualan online, dan sebagainya yang terpenting tidak mengganggu pekerjaan utama. Dengan semakin banyak penghasilan tambahan, akan semakin banyak gaji yang dapat disisihkan untuk tabungan.
7. Kurangi Kebiasaan makan di luar
Makan sesekali di restoran dan pesan makan online tidak masalah, namun jika hal ini menjadi sebuah kebiasaan rutin akan menghabiskan gaji secara cepat. Harga makanan di restoran setidaknya hingga 4X lipat daripada makanan buatan sendiri. Belum lagi jika kamu terlalu sering pesan makanan online, tentu biaya makan akan naik.
8. Pilih paket data internet dengan hemat
Data internet sudah menjadi kebutuhan pokok bagi masyarakat Indonesia. Otomatis kamu pastinya perlu paket data internet atau koneksi WiFi di rumah. Biar hemat, usahakan untuk memilih paket data internet atau Wi-Fi yang sesuai kebutuhan dengan harga yang sesuai bujet.
9. Belanja pakai diskon
Belanja makin hemat dengan memanfaatkan diskon, gratis ongkir hingga cash back saat belanja makanan ataupun barang kebutuhan lainnya. Kamu bisa menghemat banyak uang, apalagi jika kamu pintar mencari diskon/promo saat belanja online atau offline.
Ada banyak cara untuk menghemat uang jika kamu mau melakukannya. Disiplin dalam menjalankan rencana keuangan adalah kunci untuk mengatur gaji yang kecil. Gunakan beberapa cara diatas untuk meraih kondisi finansial yang sehat.

Leave a comment