Kesalahan Finansial (Foto: Pixabay)

Persoalan keuangan merupakan hal sensitif dalam biduk rumah tangga. Masalah keuangan kerap menjadi pemicu stres dan bisa mempengaruhi hubungan suami istri. Dalam berumah tangga terkadang ada saja hal yang terjadi sehingga ikut mengacaukan manajemen finansial.

Konsultan Keuangan Dr Jacob Cabler, CFF mengatakan ada beberapa kesalahan yang terjadi dalam rumah tangga dan berhubungan dengan manajemen finansial. Yuk, kita intip apa saja kesalahan itu?

1. Pasangan tak memiliki rencana karier

Cabler mengatakan banyak pasangan yang tidak memiliki rencana untuk karier mereka ke depan misalnya untuk lima atau 10 tahun ke depan. Hal itu akan memengaruhi kondisi keuangan. Buatlah visi pekerjaan yang jelas dan mulailah menuliskan langkah-langkah untuk mewujudkannya.

2. Tak terorganisir secara finansial

Cabler mengungkapkan meskipun kamu memiliki penghasilan yang tinggi, ketidakteraturan dalam mengelola keuangan selalu menyebabkan masalah keuangan. Oleh karena itu sebaiknya kamu belajar mengelola keuangan dengan baik. Buatlah rencana tertulis bulanan tentang arus masuk dan keluar.

BACA JUGA: 5 Kesalahan Ini Bisa Mengancam Keuangan Keluargamu

3. Kurang tabungan

Banyak orang yang hidup dari gaji ke gaji sehingga sulit untuk menabung. Bagi beberapa orang, tidak menabung terkait dengan memiliki penghasilan rendah. Tetapi untuk sebagian besar populasi, itu karena kurangnya kebiasaan pengelolaan uang yang baik. Kurangnya tabungan memengaruhi keuangan sehingga menyulitkan untuk membangun kebebasan finansial yang diharapkan.

4. Terlalu banyak utang

Banyak orang yang terperdaya dengan pemikiran tagihan kartu kredit dan cicilan mobil atau rumah adalah bagian dari kehidupan. Menutupi satu kebutuhan dengan berutang justru dapat memberikan tekanan.

5. Tak punya sumber dana untuk tagihan medis

Masalah keuangan umum lainnya adalah tagihan medis yang tinggi. Entah itu untuk penyakit kronis, penanganan kecelakaan, atau menjalani operasi yang tidak terduga, vaksin anak. Oleh karena itu kamu harus punya sumber dana khusus.

6. Pasangan tidak tahu cara berinvestasi

Masalah keuangan umum lainnya yang adalah tidak mengetahui bagaimana menginvestasikan uang dengan bijak. Kebanyakan pasangan cenderung menunda investasi. Mereka merasa tidak memahami investasi, dan kurang percaya diri untuk melakukannya.

“Mereka takut memasukkan uang ke dalam investasi yang tidak mereka pahami, dan berpotensi kehilangan uang hasil jerih payah mereka,” ujar dia.

7. Pasangan tidak satu frekuensi

Studi menunjukkan masalah uang adalah salah satu penyebab utama perceraian di A.S. Kebanyakan orang tidak melihat atau menggunakan uang dengan cara yang sama seperti pasangan mereka, dan ini menyebabkan perselisihan.

Itulah beberapa kesalahan yang sebaiknya kamu dan pasangan hindari dalam mengelola keuangan rumah tangga. Dengan menghindari persoalan itu diharapkan keuangan keluargamu lebih stabil dan aman.

Bagaimana Tanggapan Anda Tentang Artikel Ini?
+1
1
+1
1
+1
0
+1
0

Tinggalkan Komentar