Memperkenalkan Calon Pasangan pada Orangtua (Foto oleh Sasin Tipchai dari Pixabay)

Orangtua menjadi faktor penting ketika kita memilih calon istri atau calon suami. Restu orangtua adalah kunci untuk memulai perjalanan pernikahan. Tak heran jika pertemuan pertama untuk memperkenalkan calon pasangan pada orangtua sering membuat orang tegang.

Kamu memegang kunci penting untuk mendapatkan restu dari orangtuamu. Kunjungan pertama harus dipersiapkan sedemikian rupa supaya bisa mendapat restu dengan mulus. Demi lancarnya hubungan kalian ke tahap selanjutnya, kamu bisa mengikuti 6 tips berikut ini.

1. Pastikan Hubungan Kalian Terlebih Dahulu
Sebelum kamu mengajak calon pasangan ke rumah, pastikan dahulu hubungan kalian berdua. Apa tujuanmu memperkenalkan Si Dia ke orangtua. Apakah sudah yakin sehingga hanya membutuhkan persetujuan? Atau kamu masih belum yakin sehingga perlu pendapat orangtuamu untuk menentukan pilihan?

Kamu harus memastikan status kalian sebelum dia memperkenalkan kamu kepada orangtuamu. Memperkenalkan ke orangtuanya sering diartikan sebagai cara dia untuk menunjukkan kesungguhan hati untuk menikah. Jangan sampai ini membuat salah paham di belakang ya. Beri pengertian perkenalan itu baru jalan awal, kemungkinan lanjut atau batal ke pelaminan bisa ditentukan dari pertemuan pertama ini.

2. Beri Saran Pada Pasangan
Kalau kamu ingin mendapatkan restu, kamu pasti ingin kekasihmu memberikan kesan yang baik. Karena itu ceritakan tentang karakter dan aktivitas orangtuamu, apa saja kegemarannya, harapan atas calon menantunya, hobi, juga makanan kesukaan.

Tujuannya, memberikan bahan perbincangan agar tidak canggung saat bertemu nantinya. Kamu juga bisa melihat seberapa sensitif calon pasanganmu lewat proses ini. Jika dia mendengarkan saranmu dengan baik dia pasti akan membawa oleh-oleh atau buah tangan untuk orangtuamu seperti yang mereka suka.

BACA JUGA:

3. Berikan Intro ke Ortu
Jangan dadakan ya kalau ingin mengajak calon pasangan ke rumah. Orangtuamu tentu juga ingin memberikan kesan yang baik pula pada calon menantu. Karena itu berikan informasi kepada orangtuamu terlebih dahulu. Apa yang istimewa dari kekasihmu, mengapa kamu memilih dia, apa pekerjaannya, dan informasi lainnya yang membuat orangtua yakin atas pilihanmu.

4. Cari Suasana yang Tepat
Buatlah janji waktu sesuai dengan keinginan orangtua, jadi kehadiran calon pasanganmu tidak membuat orangtuamu repot. Sudah dapat waktu yang tepat untuk memperkenalkan calon pasangan, pastikan calon pasangan datang sesuai dengan waktu yang sudah disepakati. Usahakan untuk tepat waktu baik hari maupun jamnya. Karena pertemuan pertama biasanya sudah disiapkan waktu khusus. Jangan sampai membuat orangtuamu menunggu. Ini akan memberi kesan yang tidak baik.

5. Kesopanan Nomor Satu
Pertemuan pertama akan meninggalkan kesan yang dalam bagi orangtua, maka bersikaplah ramah dan sopan. Senyaman apapun hubunganmu dengan kekasih, jangan pamer kemesraan di pertemuan pertama.
Mintalah pasangan untuk mengenakan pakaian yang sopan dan membuat ibumu senang karena kesan pertama. Kalau perlu, beri tahu preferensi gaya pakaian yang dipandang nyaman orangtuamu agar calon pasangan bisa menyesuaikan. Lebih baik lagi jika kamu mendiskusikan apa yang cocok untuk dipakai. Karena itu gunakan standar sopan yang umum untuk memilih pakaian.

6. Jujur
Pertemuan pertama saat memperkenalkan calon pasangan ke orangtua biasanya akan terasa canggung dan kaku. Kamu perlu mencairkan suasana dengan memulai pembicaraan. Pastikan kekasihmu tidak memberi jawaban seadanya agar komunikasi berjalan lancar. Setelah komunikasi berjalan lancar jangan sekali-kali memberi pernyataan yang berisi kebohongan. Terutama masalah pribadi pasangan. Harus diingat jika kebohongan akan terungkap cepat atau lambat. Tentu kamu tak ingin istri atau suamimu kelak dicap sebagai pembohong , ini bisa jadi sandungan untuk pernikahanmu kelak.

Leave a comment