Pasangan Siap Hamil (Foto: Pexels)

Kelahiran buah hati tentu saja merupakan kado terindah bagi pasangan suami-istri yang baru menikah. Tetapi, perlu diingat memiliki anak tidak semudah membalikkan telapak tangan. Tugas baru sebagai ayah dan ibu menuntut waktu lebih untuk anak sehingga beberapa hal harus dikorbankan.

Oleh karena itu, kesiapan pasangan suami sitri harus dipastikan sebelum memiliki anak. Tujuannya, agar kehadiran si buah hati di dalam keluarga tidak menjadi masalah baru. Orang tua juga harus menyiapkan sejumlah hal seperti finansial dan kesiapan mental sebelum memiliki momongan.

psikolog berlisensi, Rachel Needle, PsyD mengatakan penting untuk memastikan pasangan sama dalam hal keuangan, disiplin, sekolah, ruang, dan agama. Sementara, Mary Jane Minkin, MD, seorang OB-GYN dan profesor klinis di Yale University menyarankan hal yang berbeda.

Ia meminta orang tua untuk mempertimbangkan faktor kesehatan masing-masing sebelum memiliki anak. Hal itu seperti membicarakan masalah kesuburan sebab usia memang menjadi faktor, terutama bagi orang yang hamil.

Ada beberapa tanda yang bisa dicermati pasangan sebelum memiliki anak. Jika semua atau kebanyakan tanda ini ada padamu dan pasangan, itu artinya kalian sudah siap memiliki anak.

1. Memahami dan menerima tanggung jawab
Terapis berlisensi De-Andrea Blaylock-Solar, MSW, LCSW-S, CST menyebutkan salah satu tanda kesiapan jadi orang tua yakni masing-masing pasangan menyadari pentingnya tanggung jawab karena mengasuh anak memerlukan hal ini.

Tanda pasangan yang siap memiliki anak adalah mereka mengakui dan menerima untuk menjadi orang tua. Orang tua harus menyiapkan waktu, uang, bahkan mengorbankan waktu pribadi untuk merawat anak.

2. Kamu dan pasangan sehat
Sebelum memulai program kehamilan, kamu dan pasangan sebaiknya periksa terlebih dahulu kesehatan masing-masing. Sebabnya, wanita lebih mudah hamil jika memiliki gaya hidup sehat, tidak merokok, mengonsumsi vitamin dengan asam folat, dan lain-lain.

Ingatlah tidak selamanya tubuh wanita siap untuk mengandung walau hatinya sangat menginginkan anak. Jika masing-masing pasangan menjaga dan merawat kesehatan tubuhnya ini menjadi tanda bahwa keduanya siap menjadi orang tua.

3. Kamu dan pasangan tidak terpaksa
Seringkali dorongan untuk memiliki anak justru berasal dari keinginan sebagai pasangan, bukan karena kesiapan memiliki anak. Blaylock-Solar mengungkapkan memiliki anak seolah-olah menjadi hal wajib yang harus dilakukan pasangan yang sudah menikah.

Padahal pasangan yang tidak siap dapat mengalami frustasi dan kekecewaan di kemudian hari ketika stres dalam membesarkan anak. Jika benar-benar menginginkannya dari hati, bukan karena desakan lingkungan atau budaya, itu tandanya mereka sudah siap.

BACA JUGA: Pentingnya Mengonsumsi Asam Folat sebelum Menikah dan Hamil

4. Siap memberi kebebasan kehendak dan menerima anak apa adanya
Sebelum anak lahir, pasangan harus menyadari bahwa anak akan menjadi dirinya sendiri dan orang tua harus siap menerima anak apa adanya.

Tanda pasangan yang siap memiliki anak adalah mereka siap melakukan yang terbaik tetapi anaknya akan diberi kebebasan kehendak.

5. Hubungan kamu dan pasangan berjalan baik
Hal penting lainnya adalah mengoreksi keharmonisan hubungan sebelum memiliki momongan. Kalau ada yang mengatakan kehadiran anak dapat mempererat hubungan pasangan, Blaylock-Solar menyebut anggapan ini tidak benar.

Alasannya, kehadiran anak dalam keluarga justru dapat menjadi pemicu pertengkaran di antara pasangan. Hal ini tentu tidaklah baik bagi hubungan ayah-ibu dan untuk anak itu sendiri. Namun, apabila pasangan tidak memiliki masalah dan hubungan berjalan damai ini tandanya mereka sudah siap memiliki momongan.

Itulah beberapa tanda yang bisa jadi patokan apakah kamu dan pasangan sudah siap menimang buah hati. Memiliki anak memang tanggung jawab yang besar. Oleh karena itu, sudah sewajarnya setiap pasangan mempersiapkan diri untuk menyambut kehadiran buah hati. Agar, anak bisa tumbuh dengan bahagia dan tidak menjadi beban.

Bagaimana Tanggapan Anda Tentang Artikel Ini?
+1
1
+1
0
+1
0
+1
0

Tinggalkan Komentar