Mencatat Pengeluaran Uang (Foto: Pixabay)

Uang memang sangat dibutuhkan untuk memenuhi kebutuhan setiap harinya. Namun, ada baiknya untuk rutin mencatat biaya pengeluaran setiap hari. Meskipun kebiasaan ini tampak remeh, tetapi kebiasaan ini memiliki manfaat yang tidak terduga salah satunya kamu jadi lebih bijak dalam mengelola keuangan.

Bagi sebagian orang, mencatat pengeluaran atau keuangan harian mungkin merupakan hal yang sangat membosankan, malas, tidak ada waktu, dan lain-lain. Namun, kalau rutin dilakukan, rupanya banyak manfaat yang bisa didapat.

Berikut beberapa manfaat kalau kamu rajin mencatat pengeluaran setiap harinya.

1. Bijak dalam memakai uang
Jika kamu selalu rutin mencatat pengeluaran setiap harinya, maka tidak ada dalam kamusmu menghambur-hamburkan uang untuk hal yang kurang bermanfaat. Kamu juga akan lebih bijak dalam menggunakan uang apalagi jika selama ini kamu lumayan boros. Nominal yang keluar tiap harinya kalau selalu dicatat akan membuatmu merasa selama ini hidupmu boros dan kamu pelan-pelan akan mengubah gaya hidup itu.

2. Disiplin dalam membelanjakan uang
Dengan rutin mencatat pengeluaran akan membuatmu lebih disiplin dalam memakai uang untuk sehari-hari. Jika memang tidak terlalu penting kamu tidak akan mau mengeluarkannya dan lebih baik ditabung saja. Sikap disiplin ini tentu akan membuatmu mendapatkan simpanan yang lumayan dan bisa digunakan suatu hari nanti saat dalam kondisi mendesak.

3. Sebagai evaluasi dalam merencanakan keuangan
Mencatat pengeluaran tiap harinya tentu juga sebagai bahan evaluasi untuk dirimu sendiri. Kamu akan mudah introspeksi diri jika gaya hidupmu saat ini cenderung berlebihan dengan sering mencatat biaya pengeluaran sehari-hari. Kamu juga akan sadar jika mendapatkan uang lebih susah daripada menghabiskannya sehingga kamu lebih bijak ke depannya dalam mengelola keuangan.

4. Lebih tahu berapa nominal uang yang digunakan setiap hari
Sering mencatat pengeluaran setiap harinya membuatmu tahu berapa jumlah uang yang dikeluarkan setiap harinya. Dengan begitu kemungkinan untuk menabung pun menjadi lebih besar. Jika pengeluaranmu lebih dari normal maka kamu akan mudah mengevaluasinya. Dengan begitu, uang akan digunakan untuk hal-hal yang memang dibutuhkan saja.

BACA JUGA: 3 Pengeluaran Remeh Ini Bisa Bikin Bangkrut Keluargamu

5. Kamu lebih menghargai uang
Dengan selalu rutin mencatat pengeluaran, secara tidak langsung kamu lebih menghargai keberadaan uang dan tidak menyia-nyiakannya. Kamu tahu jika uang itu adalah hal yang berharga dan kamu tidak mau menggunakannya untuk hal yang kurang bermanfaat. Jika cara berpikirmu seperti ini jelas kamu tidak akan menjadi orang yang boros.

Cara yang mudah untuk memulai mengatur keuangan yaitu dengan mencatat transaksi pribadi (uang masuk dan uang keluar). Kamu tidak perlu pusing dengan istilah debit, kredit dan lain-lain. Cukup gunakan istilah yang mudah kamu mengerti. Kamu bisa menggunakan istilah seperti uang masuk ke dompet = ada sejumlah uang yang masuk ke dompet kamu. Biasanya berasal dari gaji bulanan, hasil investasi, bisnis dan lain-lain. Sementara, uang keluar dari dompet = ada sejumlah uang yang keluar dari dompet kamu. Contohnya adalah biaya listrik, telepon, tagihan kartu kredit, cicilan kendaraan, biaya sekolah anak dan lain-lain.

Jangan pusingkan istilah-istilah keuangan. Gunakan saja bahasa yang mudah, format penulisan yang sederhana karena laporan keuangan tersebut dibaca oleh kamu dan pasangan. Untuk mencatat pengeluaran harian, ada banyak sekali media yang bisa kamu gunakan. Media itu mulai dari paling sederhana kertas dan pena, menggunakan aplikasi worksheet (seperti Microsoft Excel) dan menggunakan aplikasi-aplikasi khusus untuk merencanakan keuangan seperti aplikasi perencana keuangan.

Carilah media yang paling mudah dan sederhana, agar kamu dapat melakukan pencatatan kapanpun, di manapun kamu berada. Misalnya sehabis dari rumah makan, belanja dapur, membeli elektronik, bahkan sehabis kamu membayar uang parkir.

Beberapa manfaat tersebut bisa kamu dapat ketika rutin mencatat pengeluaran. Yuk, mulai sekarang catat berapa uang yang kamu keluarkan setiap harinya karena, orang yang paling peduli dengan kondisi keuangan rumah tanggamu adalah kamu dan pasangan.

Bagaimana Tanggapan Anda Tentang Artikel Ini?
+1
2
+1
2
+1
0
+1
0

Tinggalkan Komentar