Kado untuk Suami (Foto: Yusron El Jihan/pexels)

Menjaga keharmonisan hubungan suami istri bagi pasangan yang menjalani long distance marriage (LDM) tentu bukan hal mudah. Kondisi ini juga bisa membuatmu kerap meragukan pasangan.

Pada umumnya, pasangan suami istri akan melakukan segala aktivitasnya bersama. Namun, hal ini tidak terjadi pada pasangan yang menjalani pernikahan jarak jauh atau long distance marriage. Meskipun demikian, kamu tetap perlu menjaga keharmonisan hubungan suami istri meskipun menjalani LDM.

Tentu saja untuk menjaga keharmonisan itu perlu upaya. Berikut ini beberapa tips agar pernikahan tetap harmonis meski jalani LDM.

1. Sebisa mungkin hindari berasumsi buruk
Kunci agar hubungan pernikahan tetap harmonis meski menjalani pernikahan jarak jauh adalah menghindari segala berasumsi buruk. Termasuk beranggapan jika pasangan tertarik pada orang lain. Sebenarnya, bukan hal salah jika kamu memiliki asumsi pada pasangan. Asalkan saat itu kamu bertemu langsung, mengetahui gerak-gerik tubuhnya, hingga mendapatkan bukti yang memicu asumsi tersebut.

2. Manfaatkan kemajuan teknologi
Cara lain untuk menjaga keharmonisan hubungan suami istri meski jalani LDM adalah dengan memanfaatkan kemajuan teknologi. Seiring berjalannya waktu, teknologi akan semakin maju dan bekembang. Artinya, jarak bukan lagi menjadi penghalang hubungan pernikahan.

Kamu dan pasangan dapat melakukan panggilan video untuk melihat satu sama lain. Kamu dan pasangan juga bisa bertukar pesan secara intens untuk berkomunikasi.

BACA JUGA: Waspadai Toxic Financialship dalam Rumah Tangga

3. Jika ada masalah, selesaikan dan jangan unggah di medsos
Kehidupan pernikahan tidak hanya dipenuhi oleh kebahagiaan saja. Kamu dan pasangan tentu akan dihadapkan dengan berbagai masalah yang memicu pertengkaran.

Sementara itu, jika kamu dan pasangan memiliki masalah saat menjalani LDM segeralah untuk menyelesaikannya berdua. Hindari untuk mengunggahnya di media sosial karena akan memperpanjang masalah.

Kamu bisa menyelesaikan masalah melalui telepon atau video call. Hindari untuk menyelesaikan masalah melalui chat karena memungkinkan kesalahan pahaman dan memicu masalah lain.

Itulah beberapa tips agar hubungan tetap berjalan harmonis meski menjalani pernikahan jarak jauh.

Bagaimana Tanggapan Anda Tentang Artikel Ini?
+1
4
+1
3
+1
0
+1
0

Tinggalkan Komentar