Tim Ahli Menjawab

Tanya Tim Ahli: Apakah ada trik atau gaya gaya saat berhubungan suami istri , agar bisa menentukan hamil anak laki-laki atau perempuan? Terimakasih (AG)

Tim Ahli* Menjawab:

(*dr. Fredrico Patria, SpOG dari POGI) Jenis kelamin janin ditentukan dari kromosom (pembawa sifat) dari ayah yang membuahi sel telur ibu. Sel sperma ayah mengandung dua kromosom penentu kelamin yaitu X dan Y, sementara kromosom dari ibu mengandung unsur XX. Sehingga bila kromosom yang membuahi sel telur Y, maka janin tersebut akan memiliki jenis kelamin laki-laki (XY) dan bila kromosom X ayah yang membuahi maka janin tersebut akan memiliki kelamin perempuan (XY).

Jadi jenis kelamin dipengaruhi kromosom apa dari ayah yang membuahi sel telur ibu, dan belum ada penelitian yang dapat menunjukkan hubungan antara gaya saat berhubungan suami istri, dengan penentuan jenis kelamin janin.

Baca Juga: Cara Menghitung Masa Subur yang Tepat agar Cepat Hamil

Untuk mensiasati rencana kehamilan anak laki atau perempuan, Anda bisa menggunakan metode hitung masa subur. Waktu yang tepat untuk merencanakan hamil anak laki-laki adalah berhubungan badan saat puncak masa subur. Sedangkan untuk hamil anak perempuan, Anda bisa berhungan badan dua hari sebelum puncak masa subur.

 

Leave a comment