Tanya Tim Ahli: Bagaimanana Mengatasi Cemburu Anak?

Jarak kehamilan

Table of Contents

Tanya Tim Ahli: Selamat Siang. Bagaimana caranya untuk mengajarkan pada anak supaya tidak cemburu dengan adiknya? Anak pertama saya umur 3,5 tahun. Dia kadang cemburu dan nangis kalo liat saya atau suami sayang-sayangin adeknya yang umur 4 bulan. Trims, SN.

Tim Ahli* Menjawab:

(*Debora Basaria, M.Psi., Psikolog – IPPI) Menjawab pertanyaan Ibu SN, bagaimana agar Si Kakak tidak cemburu pada adiknya yang baru berusia 4 bulan adalah dengan kita sebagai orangtua melihat dulu apa yang menjadi kebutuhan dan tugas perkembangan anak usia 3.5 tahun.

Pada umumnya kondisi perkembangan anak usia 3.5 tahun dari aspek perkembangan fisik terlihat kemampuan motorik kasar, anak sudah dapat berlari, berjalan, melompat, dan menyeimbangkan diri sambil berdiri dengan satu kaki dengan penuh percaya diri. Sudah mampu menuruni tangga jauh lebih cepat, karena ia sudah bisa menggunakan kakinya secara bergantian dengan lebih seimbang.

Pada usia 3 tahun anak mulai menyukai tantangan dan bermain dengan cara melompat untuk turun ke bawah melewati beberapa anak tangga Pada usia 3 tahun pada umumnya anak sudah bisa mencuci tangan dan kaki sendiri serta menggunakan baju serta celana, secara mandiri. Keterampilan motorik halus anak usia 3 tahun bisa dilihat dari kemampuannya untuk menyalin gambar lingkaran dan kotak, menggambar menggunakan krayon, serta menulis beberapa huruf capital.

Baca Juga: Tanya Tim Ahli: Bagaimana Mempersiapkan Tabungan Pendidikan Anak?

Perkembangan kognitif anak usia 3 tahun umumnya anak akan lebih sering bertanya pada orangtuanya akan banyak hal, mulai untuk mengenali huruf, kata dan warna. Anak juga mampu menghitung sampai angka 3-5. Kemampuan lain yang bisa dilakukan oleh anak usia 3 tahun adalah kemampuan mengingat bagian-bagian kecil cerita dari buku favoritnya.

Perkembangan bahasa anak usia 3 tahun memiliki kemampuan yang baik dalam berkomunikasi. Orang lain bisa mengerti apa yang ia ucapkan. Anak juga sudah bisa membuat kalimat panjang dan bisa melakukan percakapan dua arah menggunakan dua sampai tiga kalimat. Pada usia tersebut, anak juga sudah bisa memiliki kemampuan untuk memperkenalkan dirinya. Siapa namanya, usia, jenis kelamin, dan setidaknya sudah mengenali atau menyebutkan satu temen dekatnya.

Nah dengan mengetahui gambaran perkembangan anak secara umum di usia 3 tahun maka penting buat orangtua memberi perhatian dalam bentuk pemberian stimulasi untuk masing2 area agar berkembang secara optimal. Keterlibatan orangtua pada tugas perkembangan anak akan membuat anak merasakan kehadiran dan peran orangtua dalam hidup mereka yang akan dapat meningkatkan konsep diri yang positif, self esteem yang positif, dan juga kasih sayang orangtua pada dirinya.

Nah ketika ada adik lahir bisa dipahami bahwa orangtua pasti akan lebih memberikan perhatian pada lahirnya adik baru. Untuk menghindari terjadinya kecemburuan pada adik, maka selain tadi menyediakan waktu khusus buat si kakak dalam usaha menstimulasi tumbuh kembangnya, maka bisa juga ditambahkan dengan mengajak kakak terlibat dalam pengasuhan kepada adiknya.

Ini juga akan dapat menumbuhkan perasaan kompeten pada si kakak dalam membantu yang bisa ia bantu, misalnya mempersiapkan popok adik atau mempersiapkan bedak adik saat Ibu misalnya sedang mengganti popok bayi, Ibu juga bisa mengajak bicara ke adik misalnya “ini ada kakak juga bantuin dede sama Ibu ganti popok”, “Kakak sayang banget sama dede”, “Kakak da dede berdua kesayangan papa mama”.

Ucapan–ucapan ini akan membantu Si Kakak untuk mengurangi perasaan insecurenya atau mengurangi kekhawatiran tidak di sayang oleh orang tua, karena orangtua juga mau menyampaikan perasaan sayang secara langsung ke kakak. Demikian hal yang bisa saya sampaikan untuk menjawab pertanyaa

Bagaimana Tanggapan Anda Tentang Artikel Ini?
+1
0
+1
0
+1
0
+1
0
Scroll to Top