Lamaran (Foto: Pexels)

Prosesi lamaran merupakan tradisi yang umum dilakukan di Indonesia. Tradisi tersebut dilakukan dengan kunjungan dari pihak calon pengantin pria dan keluarga sambil membawa hantaran untuk calon mempelai wanita.

Untuk hantaran ini, kamu tak perlu bingung. Ada beberapa pilihan hantaran lamaran yang sederhana tetapi tetap bermakna.

Pemberian seserahan atau hantaran merupakan simbol cinta dan jaminan bahwa calon suami dapat menafkahi istrinya. Hantaran sebaiknya barang-barang yang dibutuhkan calon istri agar benar-benar dapat digunakan. Jika kamu sedang menghemat dana pernikahan, beberapa ide hantaran untuk lamaran berikut ini bisa menjadi referensi.

1. Perlengkapan ibadah
Kalau kamu ingin hantaran pernikahan yang bermakna, maka perlengkapan ibadah bisa menjadi pilihan. Tentu saja perlengkapan ibadah ini disesuaikan dengan agama yang dianut pasangan calon pengantin.

Untuk pasangan beragama Islam umumnya seperangkat alat salat dan bisa ditambah kitab suci Alquran. Sementara bagi yang berkeyakinan Kristen atau Katolik biasanya adalah alkitab, Rosario, dan patung Tuhan.

2. Make up
Paket perlengkapan make up memang tak boleh ketinggalan sebagai seserahan lamaran. Setiap wanita mempunyai brand favoritnya masing-masing sehingga kamu perlu bertanya kepada calon istri. Kalau perlu ajak si dia berbelanja make up yang diinginkan agar tidak salah beli dan akhirnya tak terpakai.

Untuk mendapatkan harga yang lebih bersahabat kamu dan pasangan harus rajin berburu promo atau diskon brand yang bersangkutan. Kamu bisa berburu promo di internet dan social media.

3. Perlengkapan mandi
Hantaran selanjutnya adalah perlengkapan mandi. Membeli paket perlengkapan mandi dan perawatan tubuh memang membutuhkan dana yang cukup besar karena produknya bervariasi. Triknya, kamu bisa menggantinya dengan handuk atau sehelai bathrobe ditambah satu atau dua item produk saja. Selain lebih hemat, jangka waktu pemakaian handuk dan bathrobe juga lebih panjang.

4. Pakaian
Pakaian sesungguhnya bukan isian hantaran yang wajib ada, tetapi bila kamu memang berniat memberikannya sebaiknya minta si dia memilih sendiri. Tidak harus pakaian pesta yang formal. Saat ini sudah semakin banyak hantaran pakaian kasual atau malah busana kerja.

Seserahan tersebut dapat disesuaikan dengan dana yang tersedia. Apalagi saat ini semakin banyak online shop yang menawarkan fashion item keren dan berkualitas dengan harga bersahabat.

BACA JUGA: Terkesan Sama, Tunangan dan Lamaran Sejatinya Berbeda

5. Pakaian dalam
Seperangkat pakaian dalam, baju tidur, atau lingerie termasuk isi hantaran lamaran untuk wanita yang penting. Agar lebih praktis minta si dia untuk mempersiapkannya sendiri dan kamu tinggal mengemasnya dengan cantik. Beritahukan dengan jujur kepada calon istri budget yang kamu miliki agar dia dapat memilih produk dengan merek dan jumlah sesuai.

6. Perhiasan
Perhiasan untuk calon pengantin wanita bukanlah cincin pernikahan untuk dipasangkan di hari bahagia nanti. Karena itu kamu bisa memilih gelang, kalung, atau satu set perhiasan sesuai kesepakatan dengan pihak calon istri. Bila dana yang tersedia tidak mencukupi untuk satu paket perhiasan, pilih saja salah satu yang paling dia diinginkan.

7. Kebaya dan jarik
Jarik (kain batik) dan kebaya sebenarnya dapat disamakan dengan seserahan pakaian pada hantaran lamaran adat Jawa. Bukan sembarang kain batik, motif yang kerap dipilih adalah sidomukti yang memiliki makna filosofis harapan, kemakmuran, dan kebahagiaan. Ini merupakan simbol doa agar sang pengantin bahagia dalam kehidupan pernikahannya.

8. Kue hantaran lamaran
Makanan dalam hantaran lamaran bisa menjadi pelengkap. Untuk pemilihan jenis makanan biasanya sesuai dengan tradisi setempat. Di Betawi misalnya, roti buaya selalu hadir dalam prosesi lamaran. Konon roti buaya melambangkan kesetiaan karena hewan tersebut monogamy dan setia dengan pasangannya sampai mati.

Di berbagai kota Pulau Jawa, makanan yang lengket hampir selalu tersedia, seperti wajik, jenang, jadah, atau madu mongso. Makna dari seserahan ini adalah agar pasangan pengantin lengket seumur hidup hingga maut memisahkan. Ada pula tradisi pemberian makanan manis di beberapa daerah lain agar kehidupan pernikahan yang mereka jalani senantiasa manis.

Kamu dan pasangan juga bisa memilih kue-kue modern atau buah-buahan sebagai seserahan. Alasannya mungkin jajanan tradisional sudah semakin sulit dicari terutama di kota besar. Agar tak mubazir karena terbuang percuma sebaiknya pilih makanan yang banyak disukai.

Ingatlah, barang-barang seserahan tidak harus berharga mahal atau branded yang tentunya memerlukan biaya besar. Proses menuju pernikahan dan menjalani kehidupan berumah tangga selanjutnya masih demikian panjang dan tentu membutuhkan dana tidak sedikit.

Untuk seserahan, kamu bisa membuat kemasan yang menarik. Walaupun item seserahan bukan seluruhnya barang mewah kamu tetap dapat membuat keluarga calon istri terkesan. Caranya adalah mengemasnya dengan artistik agar tampak elegan dan mewah. Pilihlah nampan dan kotak dengan warna senada yang memberi kesan berkelas misalnya kombinasi antara gold dan hitam solid.

Jangan lupa terus berkomunikasi dengan calon istri. Itu adalah kunci untuk dapat melaksanakan prosesi lamaran dengan baik dan bahagia. Minta si dia membuat daftar isian hantaran yang diinginkan dan diskusikan bersama terkait jenis, brand, harga, serta manfaatnya kelak.

Kemudian, saat ini memang sudah banyak jasa menghias hantaran lamaran, tetapi kamu bisa melakukannya sendiri untuk menghemat budget. Di internet tersedia berbagai tutorial untuk keperluan ini. Coba saja dulu, tetapi bila hasilnya tidak memuaskan mau tak mau kamu harus menggunakan layanan jasa tersebut.

Jangan lupa untuk menyimpannya di tempat yang minim debu dan tidak lembab agar kondisinya tetap prima hingga tiba hari pertunangan.

Bagaimana Tanggapan Anda Tentang Artikel Ini?
+1
6
+1
0
+1
0
+1
0

Tinggalkan Komentar