Pilihan tempat tinggal usai menikah (Foto: Pexels)

Setelah menikah, sebagian besar pasangan suami istri memiliki keinginan untuk hidup mandiri dan memiliki tempat tinggal sendiri. Psikolog Emeldah Suwandi, S. Psi., M. Psi mengatakan keinginan mandiri setelah menikah merupakan hal yang sangat wajar.

Dalam menentukan tempat tinggal setelah menikah, tak jarang pasangan merasa bimbang dalam menentukan jenis tempat tinggal yang akan dipilih. Agar kamu lebih tenang, persoalan hunian harus kamu siapkan sebelum pesta pernikahan dimulai.

Perihal tempat tinggal ini ada sejumlah alternatif yang bisa dijadikan solusi. Tak perlu bingung lagi, ada lima pilihan tempat tinggal yang bisa kamu pertimbangkan setelah menikah nanti.

1. Mengontrak rumah
Salah satu pilihan yang bisa kamu pertimbangkan adalah dengan mengontrak atau menyewa rumah. Dengan menyewa rumah kamu dapat hidup lebih mandiri karena terpisah dengan orang tua.

Mengontrak rumah memiliki keuntungan di antaranya bisa memulai hidup baru tanpa campur tangan orang tua. Selain itu, biaya yang dikeluarkan pun tidak besar seperti membeli sebuah rumah. Kamu bisa menyewa rumah dengan menyesuaikan ukuran, model, lokasi, serta fasilitas yang didapat yang sesuai dengan kebutuhanmu dan pasangan.

2. Menyewa indekos
Meskipun identik dengan tempat tinggal mahasiswa atau pekerja, sekarang ini indekos bisa jadi alternatif hunian bagi pasangan baru. Dengan menetap di indekos, biaya yang dikeluarkan pun jauh lebih ringan dari sewa rumah atau apartemen. Indekos umumnya berada di lokasi strategis karena dekat pusat perkantoran. Soal ukuran, indekos memang bisa jadi jauh lebih kecil dibanding rumah kontrakan.

3. Menyewa apartemen
Jika kamu memiliki budget lebih, sewa apartemen mungkin bisa jadi pilihan yang tepat. Tak ada salahnya menyewa apartemen, jika kamu ingin merasakan suasana baru. Sewa apartemen memiliki beberapa keuntungan di antaranya lokasi yang strategis, fasilitas, serta privasi yang terjaga. Sekarang ini pun sudah banyak apartemen ekonomis dengan biaya sewa bulanan atau tahunan yang terjangkau.

BACA JUGA: Tinggal Mandiri Setelah Menikah, Siapa Takut?

4. Membeli rumah
Membeli rumah bisa menjadi pilihan tempat tinggal bagi pasangan suami istri baru. Ini merupakan pilihan ideal, tetapi memang membutuhkan biaya yang sangat besar.

Ada dua pilihan saat kamu ingin membeli rumah yakni membeli secara tunai atau kredit. Membeli rumah secara tunai tentu mempersiapkan waktu untuk mengumpulkan dana yang begitu besar. Sementara, jika ingin membeli kredit, kamu harus memperhitungkan semua risiko pembayaran termasuk cicilan.

5. Tinggal dengan orang tua
Pilihan tempat tinggal bagi pasangan baru menikah yang terakhir adalah rumah orang tua. Ini merupakan opsi terakhir yang sangat lumrah dipilih. Sebetulnya, tidak ada salahnya bila kamu tinggal bersama orang tua.

Biasanya, terdapat dua pilihan tempat yakni rumah orang tua dari pihak istri atau suami. Kamu dan pasangan bisa mendiskusikan terlebih dahulu sebelum menentukan pilihan di rumah siapa kalian akan tinggal.

Keuntungan tinggal bersama orang tua sendiri adalah dapat menghemat biaya hidup dan biaya-biaya lain seperti listrik atau air. Selain itu, kamu juga memiliki kesempatan lebih mendekatkan diri dan mengenal dengan mertua.

Sementara, kerugiannya adalah privasi lebih sedikit. Sangat mungkin, jika ada suatu masalah, orang tua juga akan mengetahuinya. Hal ini berdampak pada hubungan kamu dengan mertua menjadi kurang baik. Oleh karena itu, kamu harus pandai membawa diri dan bersabar di depan mertua.

Itulah beberapa pilihan tempat tinggal untuk pasangan suami istri yang baru menikah. Diskusikanlah dengan pasanganmu alternatif tersebut dan buatlah keputusan berdasarkan kesepakatan bersama.

Leave a comment