Baju Pengantin (Foto oleh I Gede Karsa dari Pexels)

Warna putih kerap dipakai sebagai warna baju pengantin terutama pada pernikahan dengan konsep internasional. Namun, pada pernikahan tradisional ada berbagai baju pengantin dengan warna yang beragam. Rupanya, warna-warna itu ada maknanya lho.

Warna yang dipakai pada baju pengantin tak sembarangan dipilih. Warna itu dipilih dengan penuh pertimbangan dan harapan sesuai dengan makna yang tersirat di dalamnya.

  1. Hitam

Warna hitam bukan berarti warna yang buruk. Warna ini kerap digunakan pada pernikahan adat Jawa. Hitam kebanyakan dipadukan dengan warna emas yang memiliki arti anggun, gemerlap, penuh wibawa, dan bijaksana. Selain itu warna hitam juga membuat suasana pernikahan semakin sakralan pernikahan.

  1. Putih

Warna putih memiliki banyak arti. Mulai dari suci, elegan, cahaya, kebaikan, kepolosan, kemurnian, keperawanan, dan sebagai lambang kesempurnaan. Terkait dengan makna keperawanan, hal itu ternyata juga tepat untuk menggambarkan mempelai wanita yang masih suci dan belum bernoda. Kalau kamu memakai baju pengantin berwarna putih, hal itu juga berarti penuh dengan kesakralan.

Warna putih juga jadi pertanda membuka kehidupan baru sebagai pasangan suami istri yang dimulai dengan lembaran putih yang masih kosong. Dengan makna yang mendalam, tak heran kalau putih masih menjadi pilihan warna paling umum dipakai.

  1. Kuning

Warna kuning menyiratkan sebuah kehangatan persahabatan dan kedekatan, serta kebahagiaan yang terpancar. Untuk busana pengantin, warna kuning yang disarankan adalah lemon atau soft yellow.

Kuning sendiri identik dengan orang Melayu. Bagi orang Melayu, warna ini merupakan warna turun-temurun yang melambangkan kebesaran, kemegahan, dan otoritas. Warna terang menyala ini dalam kegunaannya bisa dipadukan dengan warna hitam, merah, biru, dan hijau jika mengusung tema pernikahan rustic.

BACA JUGA:

  1. Merah Muda

Merah muda atau pink sangat identik dengan feminin. Warna ini mengandung makna kepolosan, manja, kesegaran, kemurnian, kesehatan dan hidup yang baik. Merah muda juga menunjukkan cinta yang sedang mekar-mekarnya sebagai pengantin baru. Untuk menambah kesan elegan, warna merah muda biasanya dipadukan dengan warna perak. Cinta yang kuat diantara kamu dan calon pasangan membuatmu percaya diri menggunakan warna pink di hari pernikahanmu.

  1. Hijau

Warna hijau memiliki arti memberikan kesehatan dan keberuntungan. Makna ini menyiratkan harapan dari mempelai agar pernikahan yang akan dijalani sehat dan penuh keberuntungan. Hijau juga memberi nuansa kesejukan dan juga kesegaran.

  1. Biru

Baju pengantin berwarna biru mempunyai makna ketenangan dan kedamaian. Warna ini juga menunjukkan sifat feminin, kehidupan, kemurnian, sama seperti yang ditunjukkan oleh air.

Warna biru juga memiliki arti stabilitas, keamanan, dan hidup yang panjang umur. Pasangan yang memilih biru sebagai warna busana pengantin berharap agar kehidupan pernikahannya kelak penuh dengan ketenangan, rasa damai dan juga langgeng.

  1. Merah

Warna merah juga kerap dipilih sebagai warna baju pengantin karena merah dianggap sebagai warna keberuntungan, membuka banyak peluang. Warna ini menunjukkan kalau pengantin yang memilih warna merah suka dengan tantangan, penuh percaya diri dan tak takut akan rintangan yang akan dihadapi setelah menjadi suami-istri nantinya.

  1. Abu-abu

Meskipun warna abu-abu kerap dipandang mempunyai kesan yang begitu negatif, yaitu mencerminkan kesedihan, kepucatan, dan keputusasaan. Namun, abu-abu sebenarnta mempunyai makna yang mencerminkan keamanan, kepandaian, keseriusan, dan kestabilan.

Kalau kamu tertarik dengan warna ini sebagai gaun pengantinmu kamu bisa memadukannya dengan warna yang lebih cerah seperti merah muda, kuning, hijau, dan ungu.

  1. Oranye

Warna oranye memiliki makn kehangatan dan kekuatan. Arti lainnya adalah keceriaan, kesuksesan, kegembiraan, dan antusiasme. Kamu bisa menggunakan warna oranye ini sebagai alternatif untuk gaun pernikahan kamu nanti. Supaya terlihat cerah padukan dengan warna-warna yang lembut.

Berbagai warna baju pengantin memiliki makna-makna yang mendalam. Kamu pun bebas memilih warna baju pengantin yang kamu rasa tepat untuk pernikahanmu nanti setelah mengetahui makna yang ada di dalamnya. Pemilihan warna baju pengantin juga sebaiknya kamu sesuaikan dengan tema pernikahan yang kamu angkat agar semakin bernada.

Leave a comment