Remaja

Masturbasi  adalah aktivitas seksual yang seseorang lakukan dengan cara menstimulus diri sendiri, baik dengan alat bantu maupun tidak. Tujuan masturbasi adalah untuk mencapai kepuasan seksual secara mandiri. Masturbasi pada alat kelamin laki-laki untuk mendapatkan ejakulasi atau pengeluaran sperma. Kenyataannya tak hanya laki-laki, perempuan juga kerap melakukannya.

Banyak mitos yang beredar tentang aktivitas masturbasi. Katanya, masturbasi bisa membuat rabun, mandul, hingga tulang keropos. Dilansir dari youngmenshealthsite.org, hubungan masturbasi yang terlalu sering dengan rabun/buta, mandul, keropos tempurung lututnya atau bahkan jadi tumbuh rambut di telapak tanganmu, ternyata memang mitos.

Orang melakukan masturbasi dengan alasan yang berbeda-beda. Mulai dari tidak kuasa menahan nafsu, misalnya karena terpapar konten pornorgrafi, sampai sekadar bingung mengisi waktu luang. Artinya, jika kamu bisa mengendalikan alasan masturbasi, kamu bisa menghindarinya.

BACA JUGA: 

Masturbasi dianggap tidak sehat jika efeknya sampai membuat kamu lemas banget dan susah produktif, membuatmu lalai dari tanggung jawab serta membuat kualitas bersosialisasimu menurun.

Masturbasi sebelum berkegiatan rutin akan membuatmu lelah dan tidak produktif. Dilansir dari askmen, masturbasi sebagian besar mempengaruhi justru kehidupan sosialmu, apalagi kalau kamu lebih memilih menghibur diri dengan masturbasi dibanding hal lain.

Kamu harus tahu masturbasi mempunyai banyak efek negatifnya.  Masturbasi bukan merupakan tindakan tanpa risiko, karena ada risiko alat kelamin terinfeksi, mengalami luka, lebih lanjut masturbasi bisa menimbulkan kelainan kepribadian berupa egoisme, suka menyendiri, ditambah dengan waktu dan energi yang terbuang saat masturbasi, selain itu biasanya pelaku masturbasi kurang percaya diri, dan banyak berkhayal.

Beberapa cara menghilangkan kebiasaan masturbasi adalah dengan mempergunakan waktu luang kita untuk mengerjakan hal yang berguna, mengembangkan hobi yang positif, banyak bergaul dengan teman, ikut berorganisasi, kurangi waktu menyendiri, selain itu dekatkan diri dengan Allah SWT, perbanyak ikut kegiatan keagamaan juga bisa membantu.

Leave a comment