Ilustrasi Trading Reksadana (Foto: Pixabay)

Menikah memang membutuhkan perencanaan yang matang, terutama mengenai finansial dan mahar pernikahan. Mahar dapat diartikan sebagai pemberian wajib mempelai pria kepada mempelai wanita di saat melangsungkan akad nikah.

Baru-baru ini, mahar berupa instrumen investasi reksa dana menjadi populer di kalangan generasi milenial. Lantas, seperti apa keunggulannya?

1. Unik
Dalam budaya masyarakat Indonesia, mahar pernikahan selama ini berupa barang seperti emas ataupun uang. Hal ini karena sebagian besar orang melihat pernikahan sebagai sesuatu yang sakral. Jadi, mahar pun harus berkesan.

Seiring perkembangan zaman, mahar pun bisa berupa investasi reksa dana. Selain unik, mahar berupa investasi reksa dana menjadi terobosan baru bagi pasangan milenial saat ini. Ini juga tak lepas dari dorongan untuk berinvestasi yang mulai ditanamkan oleh generasi milenial demi kesehatan finansial yang lebih baik di masa mendatang.

2. Harga terjangkau dan ada potensi keuntungan
Selain membuat pernikahan semakin berkesan dan berbeda dari yang lain, mahar investasi reksa dana ternyata lebih terjangkau jika dibandingkan pilihan mahar lainnya. Mungkin sebagian orang melihat investasi reksa dana sebagai instrumen investasi yang dilakukan dengan modal ratusan juta hingga miliaran rupiah.

Padahal saat ini, kamu bisa memilih reksa dana dengan nilai yang terjangkau. Tentu saja ini menjadi pilihan alternatif yang tepat bagi pasangan muda yang ingin memulai bahtera rumah tangga. Terlebih bagi pasangan dengan modal pernikahan yang terbatas dan tidak begitu besar. Kemudian, setelah acara pernikahan selesai, nilai keuntungannya akan berlipat dan bisa dimasukkan ke anggaran rumah tangga.

3. Nilainya terus berkembang
Selama ini, uang memang cukup banyak dijadikan sebagai mahar untuk pernikahan. Akan tetapi, pernahkah kamu berpikir sebenarnya nilai uang akan menyusut? Hal itu dikarenakan uang akan berubah nilainya ketika tergerus inflasi dalam beberapa waktu. Sedangkan reksa dana mampu menghasilkan persentase yang bisa dibilang lebih besar dibandingkan dengan inflasi.

Perkembangan nilai reksa dana ini juga tergantung pada jenis reksa dana yang dipilih. Beberapa di antaranya adalah reksa dana saham, reksa dana pasar uang, reksa dana campuran, dan lain sebagainya. Kamu bisa menentukan salah satu di antara jenis reksa dana tersebut. Kemudian, pilihlah reksa dana yang memiliki risiko yang cukup rendah agar ketika terjadi penurunan harga, keuangan kamu tidak langsung terpuruk.

BACA JUGA: Tak Perlu Sungkan, Bicarakan Topik Finansial Ini Ketika akan Menikah

4. Belajar finansial keluarga
Karena nilai investasi reksa dana terus bertambah, maka dapat dijadikan sebagai salah satu bekal dalam membangun rumah tangga. Potensi keuntungan reksa dana ini dapat kamu manfaatkan untuk berbagai keperluan masa mendatang, mulai dari tabungan untuk membeli rumah, tabungan pendidikan anak, hingga anggaran darurat bila sewaktu-waktu diperlukan.

Mahar yang berupa reksa dana dapat pula dijadikan untuk bekal pensiun. Ketika kamu sudah pensiun, tidak perlu khawatir lagi mengenai kesehatan finansial keluarga. Keuntungan reksa dana tersebut bisa digunakan untuk keperluan sehari-hari di masa pensiun. Dengan catatan, kamu mengelolanya dengan baik dan tepat.

5. Bisa diwariskan ke anak cucu
Keunggulan lainnya dari investasi reksa dana sebagai mahar ialah dapat diwariskan secara turun-temurun. Apalagi jika tidak digunakan pemiliknya di waktu-waktu mendatang.

Investasi reksa dana sama halnya dengan aset lainnya di dunia investasi. Misalnya saja rumah, tanah, emas, dan sebagainya. Namun, karena nilainya terus berkembang dari waktu ke waktu, maka bisa jadi di kemudian hari harga jualnya lebih tinggi berkali-kali lipat dari harga beli sebelumnya.

Meski begitu, kamu tetap harus memperhatikan prosedur maupun peraturan yang dapat disiapkan seorang Manajer Investasi maupun notaris dalam kepemilikan warisan reksa dana tersebut.

Menjadikan investasi reksa dana sebagai mahar pernikahan bukan hal yang tak lazim sekarang ini. Ada berbagai keunggulan yang ditawarkan. Namun, kamu juga harus memperhatikan proses pembelian reksa dana. Pilihlah produk investasi reksa dana dari sekuritas yang resmi dan tepercaya.

Bagaimana Tanggapan Anda Tentang Artikel Ini?
+1
3
+1
0
+1
0
+1
0

Tinggalkan Komentar