Me time bagi ibu itu penting. (Foto oleh Agung Pandit Wiguna dari Pexels)

Pekerjaan ibu rumah tangga yang segunung kadang membuat ibu rumah tangga tidak sempat memanjakan diri sendiri atau me time. Me time ini penting dan sebetulnya tidak harus dilakukan di waktu-waktu khusus. Kamu bisa mencuri sedikit waktumu di sela-sela kegiatan harianmu untuk me time.

Psikolog (Child and Family Psychologist) Samanta Ananta melalui media konferensi “Lotte Choco Pie Mamaku” via Zoom pada Sabtu (19/12/2020), mengatakan ibu rumah tangga perlu membahagiakan diri sendiri sebelum fokus pada kebahagiaan orang lain. Kamu bisa melakukan me time untuk membahagiakan dirimu sendiri.

“Me time ini idealnya dilakukan setiap hari dengan meluangkan waktu minimal satu jam. Kamu bisa memanfaatkan waktu tersebut untuk terkoneksi dengan diri sendiri. Kamu bisa melakukan kegiatan yang kamu sukai seperti menulis, membuat jurnal, menggambar, dan kegiatan lainnya,” kata dia.

Kamu bisa saja bangun lebih dulu di pagi hari dari anggota keluarga lainnya, lalu menulis atau menggambar untuk recharge ulang dirimu sebelum melakukan aktivitas lain. Atau kegiatan me time itu bisa dilakukan di malam hari. Kamu tinggal dikomunikasikan dengan suami kalau kamu perlu me time di waktu-waktu tertentu.

Laura Wagner, Pregnancy and Parenting Coach asal UK menyatakan kegiatan me time untuk mendapatkan inspirasi dan energi sebetulnya sudah ada di sekeliling kita. Ini tergantung kita sadar atau tidak untuk memaksimalkannya. Dengan rutin melakukan me time beberapa menit saja, bisa membuat hari kita menjadi lebih tenang, menjadi ibu yang bahagia dan yang pasti juga berdampak baik untuk buah hati.

Me time bisa dilakukan di rumah dan kita bisa melakukannya tanpa rasa bersalah. Ini cara untuk mencuri waktumu untuk me time.

1. Kamu bisa sama-sama me time dengan anak

Tidak ada salahnya kamu me time dengan anakmu apalagi anak-anak paling suka kalau diajak bermain. Kamu bisa meletakkan beberapa mainan kesukaan si kecil di dalam keranjang. Pastikan mainannya aman dan tidak membahayakan keselamatan si kecil. Pastikan posisi anak masih bisa kamu awasi.

Selama anakmu melakukan me time dengan bermain, kamu bisa melakukan pijat sederhana pada tubuhmu sendiri. Gunakan hand & body lotion beraroma tertentu yang kamu sukai, hirup aromanya dalam-dalam, dan pijat perlahan bagian kepala, leher dan punggungmu untuk mengurangi stres. Kegiatan ini bisa kamu lakukan beberapa menit saja.

2. Tempatkan si kecil di ruangan yang berbeda denganmu

Untuk kamu yang ibu baru, wajar saja kamu ingin bersama si kecil setiap saat dan di manapun. Namun, kamu bisa lho menaruh si kecil di ruangan berbeda untuk waktu sebentar sekitar dua menit. Tetapi, kamu harus memastikan si kecil berada dalam area yang aman dan jauh dari potensi bahaya misaln ya di dalam boks bayi. Kamu bisa memanfaatkan waktu dua menit itu untuk sekadar bebas memilih pakaian. Simpel kan.

BACA JUGA:

3. Kamu bisa memejamkan mata sejenak

Saat akan bepergian dan harus menerjang kemacetan, pasti akan stres. Sebelum berkendara kamu bisa memejamkan mata sejenak barang tiga menit. Kalau kamu mengendarai mobil, setelah kamu meletakkan si kecil di car seat-nya kamu bisa memejamkan mata sebentar. Hal ini fungsinya untuk me-recharge tenagamu. Bagaimana kalau si kecil rewel? Kamu bisa menyalakan radio dan ambil napas dalam melalui hidung, sampai paru-paru dirasakan cukup penuh menampung udara. Kemudian embuskan dengan sangat perlahan melalui mulut dalam 10 hitungan.

4. Rapikan rumah

Kamu bisa membiasakan diri untuk rapih dan teratur dalam menempatkan barang-barang. Dengan mengetahui di mana letak segala kebutuhanmu, kamu jadi tidak membuang waktu untuk mencari-cari. Kerapihan bisa membuatmu bisa berhemat waktu selama empat menit. Kamu bisa memanfaatkan waktu beberapa menit itu untuk mengaplikasikan lipstick kegemaran atau sekadar mengecek tampilanmu hari ini.

5. Setelah makan siang, biarkan anakmu menikmati waktunya sendiri

Setelah makan siang, kamu bisa meletakkan si kecil di dalam boks bayi. Kamu bisa membacakan cerita dan tutup dengan kecupan hangat. Kamu bisa meninggalkan si kecil sebentar. Cara ini akan mengajarkannya untuk menyesuaikan diri dengan situasi yang sedang terjadi.

Manfaatkan waktu ini untuk menikmati kudapan kegemaran sebagai momen me time. Kamu juga bisa memutar lagu kesukaan. Kegiatan ini akan memberikan suasana hati yang positif yang didapat dari aura musik yang sedang kamu nikmati.

6. Kamu bisa menikmati mandi malam dengan aroma therapy

Pada malam hari, kamu bisa menikmati waktu untuk mandi malam sebelum tidur. Kalau kamu memiliki bathtub, kamu bisa berendam di dalamnya dengan terlebih dahulu mencampurkan aroma therapy lavender atau wewangian lainnya yang menjadi favorit kamu.

7. Jadikan mendongeng sebagai me time

Kamu bisa memanfaatkan waktu mendongeng sebagai me time. Mendongeng untuk si kecil akan memberikan pengalaman kepada dirinya untuk mengenal dan menikmati buku. Gelar selimut kesayanganmu di atas lantai atau sofa dan ambil beberapa buku. Bagi pencinta buku, kegiatan yang satu ini bisa menjadi momen me time.

Jangan batasi dirimu soal kegiatan me time. Tak perlu waktu khusus atau harus pergi ke tempat khusus. Kamu bisa memanfaatkan waktu untuk melakukan me time di rumah untuk terkoneksi dengan diri sendiri.

Leave a comment