Makanan Sehat (Foto: Pexels)

Perasaan menjelang pernikahan memang campur aduk. Ada rasa bahagia, gugup, hingga tertekan apalagi kalau kamu memilih untuk mengatur persiapan pernikahan itu sendiri. Meski demikian jangan sampai kamu mengabaikan persiapan bagi diri sendiri, yaitu dengan mengonsumsi makanan sehat sebelum menikah agar tetap bugar.

Syarat utama agar tampil bersinar di hari H pernikahan adalah dalam kondisi sehat dan bugar. Selain menerapkan pola makan sehat, mulailah berolahraga ringan secara teratur dan beristirahat cukup.

Berikut jenis makanan yang sebaiknya dikonsumsi menjelang pernikahan agar stamina tubuh kamu tetap terjaga.

1. Buah dan sayuran
Sebaiknya kamu memperbanyak asupan buah dan sayuran terutama yang mengandung vitamin C karena membantu menjaga imunitas tubuh. Selain itu vitamin C juga dapat meredakan bad mood dengan meminimalkan produksi hormon kortisol pemicu stress.

Sumber vitamin C bisa kamu dapatkan dari jeruk, jambu merah, pepaya, apel, paprika, kol, kubis, dan brokoli.

Buah dan sayuran segar juga dapat menyehatkan organ intim dan reproduksi untuk malam pertama yang mengesankan, terutama apel dan ubi manis. Keduanya dipercaya mampu meningkatkan peredaran darah terutama pada bagian seksual.

Sementara semangka adalah afrodisiak alami yang dapat meningkatkan gairah seksual. Wortel juga makanan yang direkomendasikan agar produksi sperma lebih banyak dan sehat.

2. Makanan kaya antioksidan
Mengonsumsi makanan sumber antioksidan selalu dianjurkan sebagai penangkal radikal bebas. Sementara bagi calon pengantin yang sedang tegang, antioksidan yang dikonsumsi dengan makanan probiotik akan memberikan manfaat tambahan. Manfaat itu antara lain memperbaiki suasana hati, meningkatkan kinerja organ pencernaan, dan menghilangkan bengkak di wajah.

3. Ikan
Jika kamu menghindari daging merah, ganti asupan protein dengan banyak mengonsumsi ikan. Ini bisa menjadi perbaikan gizi sebelum menikah sekaligus menurunkan kadar stress.

Ikan salmon yang kaya kandungan omega-3 tidak hanya menyehatkan tubuh tetapi juga meningkatkan kinerja organ seksual. Selain ikan, sumber omega-3 juga bisa kamu dapatkan dari biji chia dan walnut.

Untuk mendapatkan manfaatnya secara optimal jangan mengolah ikan dengan dipanggang atau digoreng, melainkan dikukus. Cara mengonsumsi ikan yang paling baik adalah tidak dicampur karbohidrat, termasuk nasi, melainkan dimakan dengan sayuran segar.

4. Teh hijau
Teh hijau memiliki kandungan L-theanine yang merupakan ramuan penenang alami. Zat tersebut dapat membuat kamu lebih fokus serta mengatasi stress.

Kalau kamu mengonsumsi teh berbentuk kantong, jangan buang kantong bekasnya. Dinginkan sebentar di dalam kulkas dan gunakan untuk mengompres kulit di bagian bawah mata. Lakukan perawatan ini secara teratur agar mata panda lenyap dan kamu siap tampil sempurna di hari istimewa.

5. Dark chocolate
Salah satu makanan yang direkomendasikan sebagai persiapan calon pengantin wanita sebelum menikah adalah cokelat. Berdasarkan riset ilmiah dengan mengonsumsi cokelat pahit secara teratur dalam jumlah kecil akan berdampak positif bagi jantung.

Cokelat juga mampu menunjang produksi hormon dopamine pemicu rasa bahagia dan mood yang bagus. Konsumsi cokelat hitam/pahit menjelang malam pertama juga dipercaya akan membuat kamu dan pasangan lebih bersemangat.

BACA JUGA: Cegah Stunting Sejak Awal dengan Inkubasi Prakonsepsi, Calon Pengantin Wajib Tahu

6. Oats
Untuk diet pengantin wanita, sebagai pengganti roti atau nasi, sebaiknya konsumsi lebih banyak oatmeal. Oats sangat efektif untuk mengembalikan berat badan ideal serta mengatasi obesitas. Konsumsilah oat dengan potongan-potongan pisang untuk mendapatkan tambahan energi sehingga kamu lebih bertenaga dalam menghadapi hari-hari persiapan pernikahan.

Selain makanan sehat, ada beberapa makanan yang juga sebaiknya dihindari oleh calon pengantin. Pertama sebaiknya kamu mengurangi makan makanan manis. Walaupun tidak semua, tetapi beberapa orang mengatasi stress dengan makan hidangan manis dalam jumlah banyak. Sesekali konsumsi es krim atau cheesecake memang tak masalah, tetapi bila terlalu sering berat badan kamu bisa naik dengan drastis.

Kedua, mulailah mengurangi konsumsi gorengan paling tidak satu bulan menjelang hari bahagia. Terlalu banyak asupan minyak akan menyumbat pori-pori kulit dan merangsang munculnya jerawat pada wajah dan punggung.

Tentunya kamu tidak ingin kehilangan kepercayaan diri di momen bahagia ini karena jerawat bertaburan di wajah. Walaupun lezat, tetapi makanan yang digoreng juga membuat sel-sel kulit lebih cepat menua sehingga kulit tampak kusam.

Ketiga, pantangan makanan untuk calon pengantin wanita berikutnya adalah garam. Garam mempunyai sifat menyerap air dari tubuh dan membuangnya menjadi keringat atau air seni.

Itulah makana yang sebaiknya kamu konsumsi dan hindari menjelang hari pernikahanmu. Jangan lupa mengonsumsi air putih dalam jumlah yang direkomendasikan agar tubuh terhidrasi dengan baik. Selain itu air putih juga membantu proses detoksifikasi yang dapat membuang racun dan zat-zat sisa metabolisme dari dalam tubuh. Organ pencernaan yang bekerja optimal juga berpengaruh pada tampilan luar. Hasilnya kulit kamu akan semakin sehat, awet muda, dan berseri-seri.

Bagaimana Tanggapan Anda Tentang Artikel Ini?
+1
2
+1
3
+1
0
+1
0

Tinggalkan Komentar