Perawatan bayi (Foto: Pexels)

Mencuci rambut bayi atau keramas memerlukan perhatian khusus dari orang tua selayaknya memandikan. Selain cara yang tepat, orang tua juga harus tahu kapan saja sebenarnya bayi perlu keramas.

Kamu mungkin sudah tahu memandikan bayi baru lahir tidak perlu dilakukan setiap hari. Hal ini ternyata berlaku juga untuk mencuci rambut bayi. Perlu kamu ketahui, mencuci rambut bayi terlalu sering justru dapat menghilangkan minyak alami yang sebenarnya dibutuhkan kulit kepala agar tetap sehat.

Oleh karena itu, untuk bayi baru lahir hingga berusia 1 bulan, kamu cukup mencuci rambutnya 1 hingga 2 kali saja dalam seminggu. Hal ini karena bayi berusia di bawah 1 bulan masih menghabiskan banyak waktunya untuk tidur.

Sementara, untuk bayi berusia 3 hingga 6 bulan yang sudah aktif berguling, kamu dapat mencuci rambutnya setiap 2 hari sekali atau lebih. Hal ini tergantung kelembapan, suhu, serta banyaknya keringat bayi.

Untuk bayi berusia 6 bulan ke atas, ketika ia sudah lebih aktif bergerak, kamu dapat mencuci rambutnya lebih sering. Hal ini tentu saja mengingat bayi lebih aktif bergerak akan lebih banyak mengeluarkan keringat.

Ketika akan mencuci rambut bayi, kamu juga perlu memperhatikan beberapa hal. Selain suhu dan kelembapan, karakter rambut si kecil juga menjadi faktor tak kalah penting yang harus kamu pertimbangkan terkait seberapa sering ia harus keramas.

Bayi dengan rambut yang lebih tebal sebaiknya dikeramas lebih sering. Untuk bayi berambut tebal yang belum banyak aktivitasnya, keramas bisa dilakukan 2 kali seminggu. Namun, jika ia sudah banyak beraktivitas atau bertempat tinggal di daerah dengan suhu lebih panas, rambut bayi dapat dikeramas 3 kali seminggu.

Selain rambut tebal, rambut ikal juga memerlukan perhatian khusus saat dikeramas. Rambut bayi yang ikal umumnya cenderung lebih kering dibanding rambut lurus. Maka dari itu, keramas untuk bayi berambut ikal sebaiknya dilakukan lebih jarang. Jika terlalu sering, rambut ikal bayi bisa menjadi lebih kering dan rapuh.

BACA JUGA: Tak Perlu Panik, Menangis Merupakan Cara Bayi Berkomunikasi

Untuk memastikan rambut bayi bersih dan tetap sehat, berikut beberapa tips untuk mencuci rambut si keci. Pertama, siapkan semua perlengkapan mandi dan juga untuk keramas bayi. Untuk air yang digunakan, pastikan bersuhu hangat. Selain itu, pilih juga produk sampo khusus yang memang digunakan untuk bayi.

Perlahan-lahan, basahi rambut bayi. Tuangkan sampo di telapak tanganmu lalu gosok sebentar. Kemudian, oleskan ke kepala si kecil. Pijat-pijat lembut kepala bayi. Kamu juga bisa menggunakan bantuan spons lembut selama proses keramas ini.

Untuk mencegah air masuk ke mata, gunakan bantuan lengan untuk menopak kepala bayi ketika didongakkan, sehingga air akan menetes ke arah belakang bawah dan tidak akan turun ke wajah bayi. Jangan biarkan bayi basah terlalu lama karena dapat membuatnya kedinginan. Segera bilas rambut bayi dan keringkan menggunakan handuk lembut.

Kulit kepala bayi masih sangat sensitif, sehingga keramas terlalu sering justru akan mengurangi kelembapan alami rambutnya. Sudah tidak bingung lagi kan? Jadikan aktivitas memandikan dan mencuci rambut si kecil sebagai ajang bonding dengan buah hati.

Bagaimana Tanggapan Anda Tentang Artikel Ini?
+1
0
+1
0
+1
0
+1
0

Tinggalkan Komentar