Ilustrasi Pernikahan Bahagia (Foto: Ig @rizkybillar)

Dalam menjalani kehidupan pernikahan akan ada banyak tantangan dan lika-liku kehidupan yang harus dilewati pasangan suami istri. Namun, jika berhasil melewatinya dengan solusi bersama, kalian akan belajar memiliki kehidupan pernikahan yang sehat dan bahagia.

Lalu, apa saja tanda pernikahan itu sehat dan bahagia? Berikut ini tanda pernikahan bahagia yang bisa kamu cermati. Jika kamu dan pasangan mengalami tanda-tanda ini, berarti rumah tanggamu sehat dan bahagia.

1. Kalian tidak saling mengontrol
Salah satu tanda yang bisa jadi patokan kalau pernikahanmu bahagia adalah kamu dan pasangan tidak ada yang saling mengontrol. Kamu dan pasangan memahami kalau setiap orang memiliki privasi yang harus dihormati bahkan oleh pasangan kamu sendiri.

Biasanya seseorang akan mencoba untuk mengontrol kehidupan pasangannya dan memaksakan pandangan di dalam sebuah hubungan yang tak sehat. Banyak yang mengartikan sikap saling kontrol ini sebagai perhatian. Padahal, itu hanya bentuk pasangan yang ingin memegang kendali atas pasangannya.

2. Mampu membahas rencana masa depan dengan kepala dingin
Setiap pasangan pasti kerap berdiskusi soal rencana masa depan mereka. Ketika kamu dan pasangan bisa berdiskusi dengan tetap berkepala dingin, tandanya pernikahanmu sehat dan bahagia. Saat berdiskusi kalian pun selalu terbuka dengan ide dan pendapat satu sama lain.

Saat mendiskusikan rencana masa depan, biasanya akan timbul beberapa kecemasan dan rasa takut misalnya takut salah mengambil keputusan. Karena ketakutan ini beberapa pasangan suami istri selalu berdebat saat mendiskusikannya. Kondisi tersebut bisa terjadi karena pasangan tidak bisa saling percaya.

Dalam hubungan yang sehat, kamu dan pasangan akan menghadapi tantangan itu tanpa rasa takut dan justru bersemangat menyambut masa depan.

BACA JUGA: Pernikahan Tak Bahagia? Kenali Tandanya dan Atasi Segera

3. Tidak pernah saling menyalahkan
Dalam pernikahan yang sehat dan bahagia, pasangan suami istri bisa menjadi satu tim. Kamu dan pasangan bisa saling menjaga, berpikir, dan bertindak bersama.

Kamu dan pasangan pun berani bertanggung jawab atas tindakan serta kesalahan masing-masing. Tidak ada yang saling menyalahkan dan menjadikan satu sama lain sebagai kambing hitam ketika menghadapi sebuah masalah.

4. Bangga terhadap pencapaian pasangan
Pada keluarga yang sehat dan bahagia, setiap pasangan akan tulus berbahagia dan abngga atas kesuksesan yang dicapai pasangannya.

Kalau seseorang tidak merasa bangga saat melihat pasangannya meraih kesuksesan, ini menandakan hubungan mereka terdiri dari rasa persaingan. Dari situ akan timbul perasaan iri hati dan rendahnya harga diri.

5. Akan mencari solusi bersama setelah berselisih
Pertengkaran atau perselisihan selalu menjadi bumbu dalam pernikahan. Namun, dalam pernikahan yang sehat dan bahagia, pasangan suami istri tidak pernah mencoba untuk menyakiti perasaan satu sama lain setelah bertengkar.

Setelah bertengkar, kamu dan pasangan tidak saling memberi perlakuan diam selama berhari-hari. Kalian pun lebih fokus untuk mencari penyelesaian atas konflik tersebut.

6. Tidak mengeluh pada orang lain tentang keburukan pasangan
Dalam rumah tangga yang sehat dan bahagia, baik kamu maupun pasangan tidak akan pernah mengeluhkan keburukan atau kekurangan pasangan kepada orang lain. Kalian memahami, tidak ada gunanya membicarakan keburukan pasangan pada orang lain.

Kalian paham hal itu tidak dapat menyelesaikan masalah. Dan cara yang terbaik adalah bicara langsung dengan pasangan dari hati ke hati dengannya dan saling mendengarkan.

7. Tidak mudah saling curiga dan cemburu
Dalam rumah tangga yang bahagia, kamu dan pasangan tidak mudah saling cemburu atau curiga. Kalian sudah memahami cemburu yang berlebihan menandakan hubungan yang tidak sehat. Hubungan pernikahan yang sehat dilandasi rasa saling percaya.

Pasalnya, kecemburuan akan berkembang menjadi obsesi. Hal ini membuat seseorang menjadi sosok yang selalu mencurigai dan mengekang pasangannya.

8. Tidak mencoba mengubah pasangan
Hubungan pernikahan yang sehat ditandai dengan pasangan suami istri yang punya pemikiran dewasa. Kamu dan pasangan bisa menerima satu sama lain, tidak membandingkan dengan orang lain yang lebih cantik/tampan, pintar, atau kaya.

Itulah beberapa tanda kamu dan pasangan menjalani kehidupan pernikahan yang sehat dan bahagia. Kalau kamu menemukan satu atau beberapa tanda tersebut dalam biduk rumah tanggamu, hal ini berarti kamu berada dalam kehidupan rumah tangga yang bahagia.

Comments (3)

Nanis s

Aug 05, 2021 at 2:50 PM

Alhamdulillah…hampir smua ada pada kehidupan kami, paling hany 1 point yg kadang tidak bisa kami lakukan

Reply

Faza Akmala

Aug 11, 2021 at 12:30 AM

Alhamdulillah semua sudah sesuai dengan kehidupan kami berdua..
Kita saling melengkapi kelebihan dan kekurangan kamu berdua..

Reply

Faza Akmala

Aug 11, 2021 at 12:30 AM

Alhamdulillah semua yg di katakan sudah cukup sesuai dengan hubungan yg kami jalani berdua..
Kita saling melengkapi kelebihan dan kekurangan kamu berdua..

Reply

Leave a comment