Ilustrasi Tanggung Jawab Pasangan

Sudah lama pacaran, mau naik ke jenjang pernikahan tapi masih ragu apakah dia benar pasangan yang tepat? Apakah dia akan bertanggung jawab dengan keluarga? Tenang, pertanyaan itu wajar kok. Semua calon pengantin pasti pernah mempertanyakan hal tersebut.

Justru aneh jika kamu tidak mempertanyakan besarnya tanggungjawab pasangan. Karena menikah bukan hanya untuk sebulan, setahun, tetapi untuk seumur hidup. Kita memang perlu menyeleksi pasangan terbaik untuk masa depan kita.

Tidak ada salahnya kamu mencoba menghitung tanggungjawab calon pasangan. Dari kebiasaan-kebiasaan yang kamu tahu, kamu bisa kok meraba kadar tanggungjawab pasangan. Jika 8 tanda calon pasangan bertanggungjawab pada keluarga ini ada pada Si Dia, tak perlu ragu lagi untuk memulai perjalanan rumah tangga. Berikut tandanya:

  1. Cukup Usia dan Tidak Tergesa-gesa

Usia ideal untuk pernikahan perempuan minimal 21 tahun dan laki-laki pada usia minimal 25 tahun. Batas ini didasarkan pada kesiapan mental dan fisik calon pengantin. Kematangan emosi pada usia tersebut  ini akan semakin meningkat seiring dengan pertambahan usia. Selain kematangan emosi, kemampuan penyesuaian diri juga menjadi aspek psikologis yang penting dalam berumah tangga. Jadi, kalau pasanganmu tidak tergesa-gesa memintamu menikah saat masih muda artinya dia sudah memperhitungkan kesiapan kamu dan dia. Ini tandanya, pasanganmu bertanggungjawab.

  1. Semangat Bekerja

Tanda ini wajib ya, apalagi untuk pria. Kalau Si Dia belum bekerja dan berani mengajak nikah, berarti dia belum memiliki perhitungan finansial yang matang. Sulit buat dia bertanggungjawab pada keluarga jika tidak bekerja. Tidak mungkin kan mengandalkan orangtua setelah menikah?

Salah satu tanda semangat bekerja adalah pagi hari yang cerah. Cobalah hubungi pasangan ketika pagi, seperti morning call. Jika dia semangat bangun untuk bekerja, berarti dia siap menghadapi kesulitan hidup. Dengan rasa syukur dan semangat hidupnya yang tinggi, segala masalah yang muncul dalam pernikahan nanti pasti bisa diatasi.

  1. Pandai Menjaga Diri Sendiri

Ya dong, kalau tidak bisa menjaga diri sendiri bagaimana bisa dia menjagamu? Mau ditugaskan kemanapun, pergi untuk urusan apapun, asal hatinya sudah kukuh untuk mencintaimu dia tidak akan goyah oleh yang lain. Karena dia menjaga setia, artinya dia bertanggungjawab.

Soal berpakaian pun akan menunjukkan bagaimana tanggungjawab pasanganmu. Dia tak hanya peduli pada kerapian dan keserasian berpakaian, tapi juga pandai menempatkan pakaian pada suasana yang berbeda. Dia juga peduli pada kesehatan dengan menjaga makanan, meluangkan waktu berolahraga dan cukup tidur. Kelak setelah memiliki anak, kemampuan menjaga diri sendiri akan menurun pada kemampuan menjaga pasangan dan buah hati.

  1. Bersedia Mengakui Kesalahan dan Minta Maaf

Ini agak susah ya, karena budaya kita masih enggan mengakui kesalahan dan minta maaf lebih dulu. Kalau pasanganmu sudah mengakui kesalahan dan minta maaf tanpa diminta, artinya dia bertanggungjawab. Permintaan maaf akan diikuti dengan usahanya untuk tak mengulangi kesalahan, dan belajar dari kesalahan sehingga hubungan kamu dan dia berkembang baik.

  1. Mau Bekerjasama

Dia mau menyingsingkan lengan baju tanpa diminta. Dia mau melakukan pekerjaan meski sangat sepele hanya untuk membuatmu senang, artinya dia mau diajak bekerjasama. Dia selalu ada saat kamu membutuhkannya.  Jika pasangan sudah bisa mencapai hubungan seperti ini berarti dia dan kamu sudah satu visi tentang keluarga.

  1. Menepati Janji

Tak mudah mengucapkan janji tapi begitu mengikat janji, dia pantang mengingkarinya. Datang ke pertemuan tepat waktu, memenuhi tanggung jawab dan kewajibannya dengan senang hati. Apa yang ia katakan sama dengan yang dimaksudkan. Pasangan bertanggungjawab seperti ini pantas masuk dalam daftar calon pasangan idaman.

  1. Pandai Bersyukur

Pasangan yang pandai bersyukur tak banyak mengeluh dengan keadaan dirinya. Semua yang terjadi selalu bisa diambil sisi positifnya. Hal ini akan membuat ia nggak mau lagi berpetualang dalam urusan cinta. Setelah menikah, setia sudah tidak perlu diragukan lagi. Sehingga hubungan akan makin kuat dan siap menerima momongan.

  1. Romantis dan Humoris

Orang bilang Dia susah diajak komunikasi? Selalu ada sisi negatifnya. Tapi jika saat bersamamu dia bisa menunjukkan sisi romantic dan humoris artisnya dia bertanggungjawab. Dia hanya mengatakan dan menunjukkan rasa sayang padamu. Dia senang tertawa bersamamu. Dia juga tahu bagaimana memandang sisi terang dari sesuatu. Dia bisa menjadi pilihan pasangan yang bertanggung jawab untukmu.

 

Comments (1)

Gusnayati

May 16, 2020 at 8:06 PM

Bagaimana kalau criteria diatas tidak semua terpenuhi

Reply

Leave a comment