Tips Lebaran Hemat

Lebaran tahun ini terasa berbeda dibanding tahun-tahun sebelumnya. Biasanya, lebaran selalu identik dengan agenda kumpul keluarga, mengenakan pakaian baru, dan makan bersama. Tapi karena virus covid-19 kita disarankan untuk tidak berkumpul saat Idul Fitri untuk mengurangi resiko penyebaran virus.

Kondisi tersebut sebenarnya sejalan dengan berkurangnya pemasukan ekonomi selama pandemi corona. Semua sector usaha terdampak oleh pandemi ini. Bukan cuma di Indonesia, hampir di seluruh negara di dunia terkena dampaknya. Karena itu, lakukan beberapa langkah berikut ini untuk menghemat pengeluaran saat lebaran di masa pendemi corona.

  1. Atur Ulang Budget

Pengeluaran lebaran tahun ini jelas berbeda dibanding dengan lebaran sebelum-sebelumnya. Karena itu, atur ulang budget untuk lebaran. Utamakan pembayaran zakat, sodaqoh, dan infaq. Setelah itu baru masukkan pengeluaran lainnya seperti makanan. Jangan lupakan belanja bulanan yang tetap rutin harus dikeluarkan biayanya.

2. Buat Catatan

Belanja tanpa catatan biasanya membuat kalap. Karena itu buatlah catatan sebelum belanja. Ini menghindari kamu lapar mata, membeli hal-hal yang tidak dibutuhkan karena tergoda saat belanja seringkali membawa penyesalan setelah sampai di rumah.

3. Kurangi Belanja Pakaian

Lebaran kali ini tidak perlu silaturohmi keliling, jadi tak ada salahnya lebaran tanpa baju baru. Idealnya memang tidak perlu membeli baju baru untuk mengurangi pengeluaran. Namun, seringkali merasa tak tega pada anak karena ingin tetap merasakan suasana lebaran. Jika memang tak bisa menghindari dan ingin membeli secara online kurangilah kuantitasnya. Satu pasang baju baru per anak cukup untuk lebaran tahun ini karena di rumah aja. Untuk dewasa, kreatiflah mengubah penampilan baju lama dengan tukar pasang. Tidak perlu menggunakan baju baru, tapi tetap bisa mendapatkan sensasi penampilan baru.

4. Tak Usah Mudik

Sesuai anjuran pemerintah, tak usah mudik. Resiko yang dibawa sebagai medium penyebaran virus covid-19 sangat besar jika kamu mudik. Tanpa mudik, kamu bisa berhemat biaya transpotasi dan  juga angpou. Video call untuk menyambung silaturohmi pasti akan dimaklumi oleh semua keluarga.

5. Rencanakan Menu Lebaran

Meskipun cuma sekeluarga, tak ada salahnya tetap memasak menu special. Buatlah rencana menu untuk dua hari lebaran. Belanja sebelum lebaran tiba, jadi tidak perlu berdesak-desakan di pusat belanja. Masak sendiri dengan melibatkan anak dan pasangan akan terasa menyenangkan. Selain sehat, masakan sendiri tentu terjamin bersih dan sehat.

Nah, kamu sudah tahu kan tips hemat saat lebaran di masa pandemic corona? Intinya, jangan gengsi ya untuk menekan pengeluaran yang tidak perlu. Kasih tahu teman-temanmu jika informasi ini bermanfaat.

Leave a comment