Usaha Tanpa Modal (Pixabay)

Kesiapan finansial menjadi salah satu dari 10 Dimensi Siap Nikah. Karena itu, memperkuat finansial melalui wirausaha menjadi faktor penting bagi pasangan yang akan menikah maupun sudah berkeluarga.

Saat ini ada banyak usaha tanpa modal atau hanya butuh modal kecil yang bisa dirintis secara online. Mulai dari usaha makanan ringan, katering sampai dropshipper online. Buat kamu yang baru menikah, usaha ini bisa kamu lakukan untuk menambah penghasilan keluarga.

Dikutip dari Bisnis.com, banyak bisnis yang sebetulnya dapat dijalankan hanya dengan modal yang kecil bahkan tanpa perlu modal sama sekali. Kuncinya adalah kreatif dan tekun. Jika tidak ada uang tunai yang dapat diinvestasikan dalam bisnis, kamu bisa menggunakan aset dan kemampuan yang dapat digunakan untuk memulai bisnis.

Mulailah dengan membuat daftar hal-hal yang sudah kamu ketahui dan siap untuk melakukannya. Selanjutnya, manfaatkan barang yang kamu miliki untuk dapat dipergunakan dalam bisnis. Misalnya, jika kamu punya komputer dan ponsel, manfaatkanlah peralatan tersebut untuk memulai bisnis secara online.

Yang paling penting adalah punya niat bekerja. Jadi yang perlu didorong pertama kali adalah membangkitkan niat untuk memulai usaha,” kata Ruisa Khoiriyah, CFP (Certified Financial Planner), Pengasuh Finansial Keluarga Rubrik Tanya Jawab Siapnikah.org.

Bisnis tak selalu jual beli barang, kamu bisa menawarkan jasa atas keterampilan tertentu yang kamu miliki. Bisa bisnis konsultasi, program pelatihan, atau bisnis bimbingan tanpa dana apa pun. Semua yang kamu butuhkan untuk menciptakan bisnis sudah ada di dalam dirimu. Untuk mewujudkannya, gunakan koneksi pribadi, panggilan telepon, media sosial, dan alat online lainnya. Ini akan memoles keterampilan jaringan offline-mu juga.

Bisnis bisa juga dimulai dari hobi yang kamu miliki. Kamu yang hobi memasak bisa jualan makanan. Mulailah dengan membuat kue atau masakan andalanmu dan promosikan ke orang-orang terdekat melalui media sosial.
Jangan lelah untuk melakukan pemasaran, penjualan, akuntansi atau bahkan membuat situs/website di internet untuk promosi produk.

Belajar sambil jalan bisa membantumu mengembangkan usaha. Pelajari cara melakukan beberapa tugas ini secara gratis dengan mencari di website atau YouTube.

Masih ragu karena merasa tak punya ketrampilan? Cobalah bergabung dengan kelas online yang murah. Melakukan semua tugas sendiri pada awalnya melelahkan, namun kamu bisa menghemat uangmu dan membuatmu paham beberapa jenis keterampilan yang dibutuhkan setiap bisnis yang menghasilkan laba.

Cara lain, bekerjalah atau magang dengan seseorang dalam bisnis yang kamu incar. Pengalaman yang kamu peroleh memungkinkanmu untuk memulai bisnis dengan mengetahui apa yang benar-benar kamu butuhkan ketika membuka usaha sendiri.

Jenis Usaha Tanpa Modal

Usaha apa sajakah yang bisa dimulai sekarang dan tanpa modal? Berikut 4 usaha yang bisa kamu mulai setelah menikah karena nyaris tanpa modal.

1. Dropshipper atau Reseller
Kamu bisa menjadi dropshipper, yaitu menjual barang dari orang atau toko lain dengan mengatasnamakan diri kamu. Modalnya cuma ponsel pintar dan kepercayaan dari toko lain.

2. Desain Grafis
Punya keahlian dalam desain grafis? Kenapa tidak dimanfaatkan untuk menambah penghasilan saja? Kamu bisa bergabung dengan marketplace penyedia jasa untuk menjual hasil desainmu. Banyak pula yang membutuhkan jasa edit video saat ini. Kamu bisa menambah keahlian dengan kursus online. Kemudian menawarkan jasa paket edit desain dan video.

3. Fotografer
Menjadi fotografer lepas dan menjual hasil karyamu di website bisa juga kamu lakukan. Kamu bisa juga menjadi freelance content writer. Usaha ini dapat kamu lakukan di mana pun kamu berada, serta hanya bermodal laptop dan koneksi internet.

4. Admin Media Sosial
Usaha kekinian, admin media sosial cocok buat kamu yang suka berselancar di media sosial. Tidak sedikit perusahaan yang memanfaatkan adanya media sosial sebagai salah satu sarana untuk memperkenalkan produk dari perusahaannya. Bahkan terkadang ada yang memiliki lebih dari satu akun media sosial. Untuk itu dibutuhkan seorang yang mampu menjadi admin dari akun-akun tersebut, yang biasanya bertugas untuk membuat konten menarik, berinteraksi dengan followers dan juga meningkatkan jumlah followers.

Leave a comment