Bunga untuk Pernikahan (Foto: Pexels)

Tak dipungkiri, bunga merupakan salah satu bagian terpenting dari sebuah perayaan pernikahan. Bunga memainkan peran besar untuk menghidupkan suasa acara pernikahan. Oleh karena itu, pemilihan jenis bunga yang digunakan untuk buket pengantin atau elemen dekorasi umumnya tergantung dari bagaimana tema yang diusung.

Selain memiliki bentuk yang sangat indah, bunga juga kerap dijadikan sebagai wadah untuk mengekspresikan emosi terhadap orang-orang terkasih. Itulah mengapa, setiap jenis bunga memiliki arti tersendiri untuk mempermudah setiap orang dalam memilih bunga yang tepat.

Berikut 15 jenis bunga yang populer untuk pernikahan beserta makna yang terkandung di dalamnya.
1. Mawar
Tak lengkap rasanya bila bunga mawar tidak dihadirkan sebagai pelengkap dalam buket pengantin atau elemen dekorasi. Mawar yang identik dengan batang berduri dan aroma harum mewangi ini menyimbolkan sebuah metafora kehidupan dengan akhir yang bahagia.

Berdasarkan warnanya, bunga mawar merah merupakan representasi dari cinta abadi, hubungan asmara, keindahan, dan keberanian, sementara mawar putih melambangkan awal yang baru dan murni. Lain halnya dengan merah muda yang berarti keanggunan dan kekaguman, sedangkan mawar jingga adalah gambaran dari perasaan semangat dan gelora yang menggebu.

2. Peony
Peony dikenal dengan gugusan kelopak bunganya yang berukuran besar dan mencolok. Warna bunga peony biasanya didominasi oleh rona-rona vibran, seperti putih, merah, jingga, kuning, ungu, hingga merah muda. Makna dari bunga yang satu ini begitu erat dengan kehidupan pernikahan yang bahagia, kehormatan, kemakmuran, serta mewakili pribadi yang berkualitas bagi keluarganya.

3. Baby’s Breath
Kamu pasti hampir selalu menemukan jenis bunga yang satu ini di dalam karangan bunga, boutonnieres, latar belakang pelaminan, ataupun centerpieces meja. Baby’s breath memiliki karakteristik bunga dengan ukuran mini berwarna putih. Umumnya sering dipadukan dengan jenis bunga mawar, cotton, hydrangea, peony, dan lain-lain. Baby’s breath mewakili sebuah cinta abadi dan kemurnian hati.

4. Bunga Matahari
Bunga matahari atau sunflower mungkin sudah tidak asing lagi bagi sebagian besar orang. Jenis bunga yang satu ini memiliki kelopak berwarna kuning cerah dengan batang hijau yang meninggi. Sunflower biasanya banyak ditemukan di musim panas. Dalam budaya Tionghoa, bunga matahari sering diasosiasikan sebagai keberuntungan, vitalitas, kecerdasan, dan kebahagiaan.

5. Calla Lily
Calla lily memiliki bentuk bunga yang benar-benar unik. Kelopaknya terbungkus menyerupai sebuah corong dengan putik berwarna kuning cerah di bagian dalam. Buket pengantin yang dipenuhi calla lily bisa memberikan atmosfer segar yang memikat mata.

Bunga ini melambangkan kemurnian, keindahan, dan kesetiaan sepanjang hidup. Dalam beberapa budaya, calla lily juga dipercaya sebagai lambang kelahiran kembali dengan awal yang baru.

BACA JUGA: 4 Alasan Calon Pengantin Merasa Wajib Menggelar Resepsi Pernikahan

6. Aster
Bunga aster atau daisy terdiri dari beberapa kelopak kecil berwarna putih yang saling bertumpuk mengelilingi pusat kuning di bagian tengah. Pilihan bunga daisy menjadi opsi yang sempurna untuk melengkapi jenis kelopak lainnya dalam rangkaian buket pengantin. Aster mewakili kesetiaan cinta, pribadi yang polos, dan ketulusan hati.

7. Anyelir
Salah satu jenis bunga yang populer untuk pernikahan adalah carnation atau anyelir. Tanaman ini berasal dari kawasan Mediterania yang begitu populer karena kecantikannya. Bunga anyelir hadir ke dalam berbagai macam warna, mulai dari merah, putih, ungu, hijau, kuning, hingga motif bergaris.

Warna merah muda pada bunga carnation melambangkan sebuah frasa, “Aku tidak akan pernah melupakanmu.” Sementara anyelir putih mewakili rasa cinta dan pemujaan terhadap pasangan.

8. Lavender
Karakteristik bunga lavender adalah bentuknya yang bercabang dan menyerupai semak belukar. Bagian bunganya berada di area pucuk batang dengan warna ungu dan biru keunguan. Aroma dari lavender dipercaya mampu menenangkan hati dan pikiran. Selain itu, lavender juga begitu lekat dengan representasi pernikahan yang bahagia, cinta abadi, dan kesuburan.

9. Anggrek
Tidak ada yang bisa menolak pesona bunga anggrek. Tanaman hias ini memiliki bentuk oval memanjang dengan perpaduan warna yang beraneka ragam. Jenis bunga anggrek menyimbolkan rasa cinta, kemewahan, keindahan, dan martabat yang tinggi. Keberadaan bunga anggrek dalam buket pengantin atau dekorasi centerpieces akan memberikan impresi mewah nan glamor.

10. Wisteria
Bunga wisteria lebih umum digunakan sebagai dekorasi pernikahan, entah itu untuk menghiasi bagian pintu masuk, centerpiece, lampu chandelier, ataupun area pelaminan. Cocok untuk kamu yang ingin melangsungkan pernikahan bertema garden party dengan dipenuhi oleh gugusan daun wisteria. Bunga wisteria melambangkan kesuburan, kreativitas, dan umur yang panjang.

11. Tulip
Bunga tulip menjadi simbol cinta yang penuh dengan gairah. Tulip berwarna merah adalah jenis bunga yang populer untuk acara pernikahan, ini memberi arti hubungan baru yang berlandaskan cinta abadi. Sementara itu, tulip putih menyimbolkan pengampunan atau awal yang baru dalam hidup. Jika kamu ingin memberikan sentuhan yang ceria, maka tulip kuning adalah pilihan tepat untuk mewakili harapan dan kemakmuran.

12. Krisan
Bunga krisan atau chrysanthemum juga sering ditemukan dalam rangkaian buket pengantin. Variasi warna dari bunga krisan terdiri dari kuning, merah, putih, ungu, dan lain sebagainya. Harapan akan umur yang panjang dengan limpahan kebahagiaan adalah simbol dari chrysanthemum.

BACA JUGA: 8 Tips Membangun Hubungan Harmonis dengan Mertua

13. Magnolia
Jika kamu ingin memberikan detail bunga yang unik di hari pernikahan, bunga magnolia bisa menjadi opsi yang ideal untuk menambahkan dimensi pada buket pengantin atau dekorasi meja. Magnolia merupakan representasi dari kemuliaan, ketekunan, dan martabat diri.

14. Ranunculus
Bila dilihat sekilas, mungkin ranunculus akan terlihat serupa dengan bunga mawar, padahal sebenarnya cukup berbeda. Jumlah kelopak bunga ranunculus jauh lebih banyak dan bertekstur, bentuknya pun cenderung padat membulat ketimbang bunga mawar. Hadir dalam berbagai macam warna, bunga ranunculus memberi arti seseorang yang menawan dan memiliki daya tarik istimewa.

15. Dahlia
Satu lagi jenis bunga pernikahan yang begitu memikat lewat keindahan yang disajikannya. Berasal dari Meksiko, umumnya bunga dahlia akan tumbuh di awal musim panas hingga musim gugur. Dahlia memiliki kelopak bunga yang runcing dengan semburat gradasi warna. Bunga dahlia mewakili martabat, komitmen, dan keabadian.

Bagaimana Tanggapan Anda Tentang Artikel Ini?
+1
3
+1
2
+1
0
+1
0

Tinggalkan Komentar