Tentang Kami

Gerbang pernikahan begitu indah, menyatukan cinta dua insan. Keluarga bahagia menjadi impian semua orang. Tapi, jangan lupa, syarat dan ketentuan berlaku. Membangun keluarga bahagia tak semudah membalik telapak tangan. Butuh persiapan.

Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) pun mengambil inisiatif untuk mengembangkan Indeks Kesiapan Berkeluarga. Melalui Direktorat Bina Ketahanan Remaja, BKKBN menggandeng Departemen Ilmu Keluarga dan Konsumen serta Direktorat Sistem Informasi dan Transformasi Digital Institut Pertanian Bogor (IPB).

Indeks ini mengukur kesiapan seseorang membangun keluarga dalam 10 dimensi dan 50 indikator. Indeks ini kemudian dikembangkan dalam bentuk aplikasi yang bisa diakses publik melalui website www.siap-nikah.id. Sejak diluncurkan Juli 2019, aplikasi ini mendapat respons positif generasi muda yang ingin mengukur kesiapannya sebelum menuju gerbang pernikahan.

April 2020, inisiatif kembali digulirkan oleh BKKBN untuk mengembangkan www.siap-nikah.id. Dengan menggandeng Rumah Perubahan, website yang sebelumnya berisi kuesioner kesiapan menikah, dikembangkan dalam konsep one stop solution.

Mei 2020, lahirlah konsep baru melalui hadirnya www.siapnikah.org. Website ini menghadirkan berbagai content yang relevan dengan kebutuhan generasi muda dalam mempersiapkan pernikahan, termasuk mempersiapkan diri dalam pengasuhan anak.

Harapan kami, website ini bisa menjadi rujukan bagi generasi muda untuk mempersiapkan diri sebelum masuk gerbang pernikahan, maupun bagi keluarga muda yang ingin belajar ilmu parenting. Misi utamanya, membangun keluarga berkualitas.

Semoga bermanfaat.

 

PELINDUNG
Kepala BKKBN Hasto Wardoyo

PENASIHAT
Deputi Bidang KSPK, M. Yani
Deputi Bidang ADPIN, Nofrijal

DEWAN REDAKSI
– Eka Silistia Ediningsih
– Asep Sopari
– dr Azora Ferolita
– dr Fabiola Tazrina
– Hemiliana Dwi
– Anie Suryaningrum
– Annisa Halimatussadiah
– Asmi Elvina
– Valentina
– Ahmad Gesang Yuwono

CONTENT CREATOR
– Puput Puji Lestari
– Ahmad Owi
– Jatmiko

DESIGN & INFOGRAPHIC
– Parlindungan
– Agil

WEB DEVELOPER
– Gian
– Yuzar
– Baihaki
– Muhammad Arfan
– Yugo Mudiono